Usbat Ganjar Sumut Edukasi Tata Cara Mandi Janabah ke Warga Medan

Rabu, 14 Juni 2023 - 19:17 WIB
loading...
Usbat Ganjar Sumut Edukasi Tata Cara Mandi Janabah ke Warga Medan
Usbat Ganjar Sumut menggelar pelatihan mandi janabah di di Jalan Kawat II, Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Rabu (14/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MEDAN - Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut menggelar pelatihan mandi janabah di Kota Medan. Tujuannya memastikan masyarakat memiliki pengetahuan yang memadai dalam menjalankan ibadah.

Korda Usbat Ganjar Kota Medan Ustaz M Nizar Nur menyampaikan, mandi janabah sendiri ialah istilah yang merujuk pada keadaan tidak suci setelah melakukan hal-hal tertentu. Misalnya hubungan suami istri, haid, melahirkan, keluarnya air mani baik disengaja maupun tidak.

"Kami mengadakan pelatihan mandi janabah. Setelah pelatihan ini diadakan, alhamdulillah masyarakat tercerahkan," kata Nizar usai acara di Jalan Kawat II, Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan, Rabu (14/6/2023).

Nizar mengemukakan mandi janabah dilakukan dengan cara niat, menyiram seluruh tubuh dengan air yang suci, membasuh rambut, dan memastikan bahwa seluruh tubuh telah terkena air dengan sempurna. Setelah melakukan manfi janabah, maka ibadah pun menjadi sah.

"Dalam mengangkat hadas besar harus ada niat, membasuh dengan air dari ujung kaki ke kepala. Jangan sampai di antara badan itu tidak dikenai air. Itu mandi janabah," tegasnya.

Nizar mengatakan, pihaknya berencana untuk terus menyelenggarakan kegiatan serupa di berbagai wilayah. "Alhamdulilah antusias masyarakat didalam pelatihan mandi janabah ini sungguh amat luar biasa. Kami akan terus melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini untuk pencerahan umat," tuturnya.

Pelatihan ini dihadiri masyarakat dari berbagai kalangan. Mulai dari anggota Perwiritan Kawat 2 Al Fitriyah, hingga warga umum yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang mandi janabah.

Acara ini disambut baik dan antusias masyarakat. Hal itu terlihat jelas sepanjang acara pelatihan. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi.

Ketua Perwiritan Kawat 2 Al Fitriyah, Kota Medan, Nur Lena mengatakan, kegiatan itu sangat bermanfaat. Dia berharap kegiatan positif itu terus dilakukan Usbat Ganjar Sumut.

Usbat Ganjar bersama dengan masyarat turut mendoakan agar masyarakat Indonesia lebih maju dan sejahtera. Juga mendoakan Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024.

"Tadi bermanfaat apa yang disampaikan ustaz. Kami memperkuat silaturahmi. Khusus untuk Pak Ganjar, mudah-mudahan nantinya jadi Presiden Indonesia," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)