Gelar Pekan Nasional di Padang, Petani dan Nelayan Muda Apresiasi Isu yang Dibahas

Rabu, 14 Juni 2023 - 15:17 WIB
loading...
Gelar Pekan Nasional di Padang, Petani dan Nelayan Muda Apresiasi Isu yang Dibahas
Ketua Ikatan Petani Nelayan Muda (Penemu) Indonesia, Sinda Sutadisastra, mengapresiasi isu yang diangkat dalam Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan tersebut. (Ist)
A A A
PADANG - Terdapat tiga isu yang dibahas dalam Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan yang digelar di Padang, Sumatera Barat, 10-15 Juni 2023. Ketiga isu tersebut dinilai strategis untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Ketua Ikatan Petani Nelayan Muda (Penemu) Indonesia, Sinda Sutadisastra, mengapresiasi isu yang diangkat dalam Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan tersebut.

Menurutnya, ketiga isu yang diangkat dalam Penas tersebut sejalan dengan visi dan misi Ikatan Penemu Indonesia.

"Tiga isu itu, pertama berkaitan dengan penguatan potensi dan posisi tawar komoditas lokal. Kedua, berhubungan dengan kemandirian pangan. Dan ketiga, terkait dengan lumbung pangan dunia 2045," kata Sinda Sutadisastra melalui keterangan tertulis, Rabu (14/6/2023).

Sinda menjelaskan, penguatan potensi dan posisi tawar komoditas lokal harus mendapat perhatian bersama.

Kebijakan Pemerintah yang menjadikan pangan lokal sebagai salah satu prioritas pembangunan pangan, mau tidak mau membuat para pelaku utama dan pelaku usaha di bidang pangan untuk melakukan konsolidasi total agar dapat menggenjot produksi sekaligus meningkatkan kekuatan posisi tawar mereka.

"Roadmap pengembangan pangan lokal dapat dijadikan acuan untuk mewujudkannya," ucapnya.

Sedangkan, soal kemandirian pangan, kata Sinda dapat terwujud dengan cara melakukan penanganan khusus. Hal ini terkait dengan ketahanan pangan bangsa dan negara.

"Kemandirian pangan dimaknai sebagai kemampuan suatu negara dalam memproduksi pangan yang beraneka ragam dari dalam negeri yang dapat menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup sampai di tingkat perseorangan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi, dan kearifan lokal secara bermartabat," jelasnya.

Dia berkeyakinan, Penas Petani dan Nelayan yang digelar di Padang ini dapat menghasilkan pemikiran kreatif, inovatif, dan cerdas terkait dengan terobosan positif untuk mewujudkan kemandirian pangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)