Lahirkan Inovasi dalam Pelayanan Publik, Semarang Jadi Lokus Visitasi Peserta PKN II Angkatan X LAN

Rabu, 14 Juni 2023 - 14:20 WIB
loading...
Lahirkan Inovasi dalam Pelayanan Publik, Semarang Jadi Lokus Visitasi Peserta PKN II Angkatan X LAN
Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional II Angkatan X Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia melakukan visitasi ke Pemerintah Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Foto SINDOnews
A A A
SEMARANG - Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional II Angkatan X Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia melakukan visitasi ke Pemerintah Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Semarang menjadi salah satu lokus visitasi peserta pelatihan karena telah melakukan inovasi pelayanan publik yang berbasis teknologi digital.

Kota Semarang menelurkan inovasi pelayanan publik yang menerapkan teknologi robotik dan juga pengembangan teknologi metaverse, hasil dari kunjungan peserta PKN bisa menjadi referensi dan rekomendasi kepada Pemerintah Kota Semarang yang menjadi lokus visitasi.



Selama kunjungan di Kota Semarang, akan ada dua lokasi lokus yang rencananya akan dikunjungi oleh para peserta yaitu di Balaikota smart city centre dan Mall Pelayanan Publik.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas DPMPTSP Pemko Semarang dr. Widoyono, MM yang mewakili Wali Kota Semarang mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta pelatihan kepemimpinan nasional Tingkat II Angkatan X beserta rombongan di Kota Semarang.

ā€œKami sangat menyambut baik, karena Kota Semarang dipilih sebagai tempat visitasi Kepemimpinan Nasional Tingkat II ini. Semoga seluruh peserta beserta rombongan mendapatkan kesan yang baik selama berada di kota ini,ā€ katanya.

Semarang sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah memiliki peran penting dalam sejarah, budaya, dan ekonomi di wilayah tersebut. Kota ini memiliki populasi yang cukup besar dan menjadi salah satu pusat perkembangan ekonomi di Jawa Tengah. Secara administratif Kota Semarang terdiri dari 16 kecamatan dan 117 kelurahan dengan jumlah penduduk 835.083 jiwa dan luas wilayah sebesar 373,70 km2.

Rombongan Visitasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan X Tahun 2023 yang dipimpin Widyaiswara Ahli Utama LAN RI Dr Makhdun Priyatno, MA mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Semarang yang telah berkenan menerima rombongan pada hari ini. Visitasi PKN II Angkatan X LAN RI kali ini mengusung tema "Strategi Pemanfaatan Teknologi Rekayasa dan Metaverse dalam Pelayanan Publik.

ā€œPada hari ini, hadir 15 orang peserta dari PKN Tingkat II angkatan X. Sebenarnya, PKN Tingkat II Angkatan X ada 60 orang, terbagi empat kelompok. Untuk kelompok Semarang, terdiri dari berbagai macam instansi yaitu 6 orang peserta dari kementerian/lembaga dan 9 orang peserta dari Pemerintah Daerah,ā€ jelasnya.

Peserta pelatihan akan berada di Kota Semarang satu hari penuh, dengan waktu visitasi yang diberikan peserta bisa mempergunakan dengan sebaik-baiknya. Inovasi yang dilakukan Pemko Semarang juga bisa menjadi buah tangan bagi peserta untuk diimplementasikan di daerahnya masing-masing.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Soenarto, S.KOM, MM, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), beserta perwakilan OPD lainnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1105 seconds (0.1#10.140)