Berawal Keluhan Warga, Gus Imin Serahkan Ambulans Laut ke Warga Pulau Sebesi

Minggu, 11 Juni 2023 - 20:44 WIB
loading...
Berawal Keluhan Warga, Gus Imin Serahkan Ambulans Laut ke Warga Pulau Sebesi
Bantuan ambulans laut bagi warga yang tinggal di Pulau Sebesi, Lampung Selatan, Lampung diserahkan pengurus PKB, Minggu (11/6/2023). Foto/Ist
A A A
LAMPUNG SELATAN - Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) menyerahkan bantuan ambulans laut bagi warga yang tinggal di Pulau Sebesi, Lampung Selatan, Lampung. Penyerahan bantuan ambulans laut ini berawal dari keluhan warga Pulau Sebesi kepada Gus Imin melalui akun media sosial.

Penyerahan bantuan ini diserahkan oleh Sekretaris DPP PKB bidang Gerakan Sosial Penanggulangan Bencana Lukmanul Hakim didampinggi Ketua DPW PKB Lampung Chusnunia Chalim kepada pewakilan nelayan dari Pulau Sebesi, di Desa Kunjir, Rajabasa, Lampung Selatan, Minggu (11/6/2023.



Selain itu juga hadir anggota DPR dari Dapil Lampung Ella Siti Nuryamah dan beberapa fungsionaris PKB Lampung.

"Dari dialog kami dengan tokoh nelayan Sebesi mereka memang sangat membutuhkan ambulans laut untuk mengantar warga sakit, karena untuk mengakses ke layanan kesehatan terdekat memang harus melalui laut," kata Lukmanul Hakim.

Dia mengatakan di Pulau Sebesi memang banyak tersedia kapal milik para nelayan. Namun, tidak banyak warga yang berani mengantar orang sakit atau meninggal menggunakan kapal motor mereka.

“Pasalnya, ada mitos kapal akan sial jika membawa orang sakit atau meninggal di warga setempat. Jadi keberadaan ambulans laut ini sangat vital bagi mereka,” katanya.


Lukman mengaku mengetahui kesulitan warga Pulau Sebesi ini dari akun twitter @PartaiSosmed. Dia pun melaporkan hal tersebut kepada Gus Imin dan diperintahkan untuk menindaklanjuti kebutuhan ambulans laut untuk warga Pulau Sebesi.

“Kami langsung berkoordinasi dengan kawan PKB termasuk dengan Bu Ella dan Bu Chusnunia untuk menyelesaikan persoalan warga ini,” katanya.

Anggota DPR Ella Siti Nuryamah mengungkapkan jika jarak Pulau Sebesi ke layanan rumah sakit terdekat memang cukup jauh. Warga yang sakit harus menempuh perjalanan dengan kapal motor hingga 1,5 jam lamanya.

“Kami berharap dengan adanya ambulans laut ini akses kesehatan bagi warga Pulau Sebesi akan meningkat dan mereka bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih meningkat,” katanya.

Proses penyerahan ambulans laut ini disaksikan oleh aktivis media sosial Yodis, bersama warga yang mengeluhkan pertama kali yakni Umar dan Syaiful.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)