Sandiaga Uno: Santri Berpotensi Tinggi Kembangkan Ekonomi Kreatif

Jum'at, 09 Juni 2023 - 21:45 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Santri Berpotensi Tinggi Kembangkan Ekonomi Kreatif
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Pesantren Al Itqon, Bugen, Tlogosari Wetan, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/6/2023). Foto/MPI/Eka Setiawa
A A A
SEMARANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan potensi santri mengembangkan ekonomi kreatif sangat tinggi. Jawa Tengah juga disebut sebagai provinsi yang saat ini sangat berkembang wisata religinya.

“Wisata religi sangat berkembang, beberapa provinsi fokus (wisata religi), ada Aceh, NTB, Jawa Tengah salah satunya,” kata Sandi saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Itqon, Kampung Bugen, Kelurahan Tlogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang bertajuk “Silaturahim dan Dialog Tokoh Agama dan Santri” pada Jumat (9/6/2023).



Wisata religi dicontohkannya saat ini sedang trend tadabur alam, termasuk ke pegunungan atau memancing termasuk wisata-wisata dengan model persawahan.

“Sediakan tempat-tempat ibadah di sana, di kafe ada tempat ibadah, jadi ketika azan bisa tunaikan ibadah di tengah-tengah berwisata,” lanjutnya.

Terkait ekonomi kreatif santri, di depan ratusan santriwan dan santriwati yang hadir, termasuk beberapa tokoh kiai, Sandi mengatakan di Indonesia ada sekira 27.000 ponpes dengan jumlah santrinya sekitar 5 juta orang.

Jika itu dikembangkan dengan baik, maka peluang membuka 4,4 juta lapangan kerja baru di Indonesia di tahun mendatang akan bisa terwujud.


Dalam kunjungan ke Ponpes Al Itqoni, Sandi sempat mengatakan tujuan lawatannya ini.

“Ya betul ada politik, ada demokrasi, tapi harus bersatu, mempercepat pembangunan,” tambahnya.

Pada kegiatan itu, tokoh-tokoh kiai yang hadir di antaranya Wakil Ketua DPW PPP Jateng Istajib, Ketua DPC PPP Kota Semarang Fatchur Rohman, Sekretaris Komisi B DPRD Jateng dari PPP M Ngainirrichardl, KH Fadlolan Musyafa selaku Ponpes Fadhlul Fadhlan Mijen Semarang dan KH Ubaidillah Sodaqoh selaku Rois Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah.

Di depan ratusan santriwan santriwati yang hadir, Sandi sempat berpantun, "Rutin mengaji di pagi hari, agar hati kuat raga sehat. Bersama santri dan para kiai mari majukan ekonomi umat."
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3367 seconds (0.1#10.140)