Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Jadi Solusi Permasalahan di Kampung Mundiba Kabupaten Puncak Papua

Jum'at, 09 Juni 2023 - 16:24 WIB
loading...
Satgas Yonif Raider 303 Kostrad Jadi Solusi Permasalahan di Kampung Mundiba Kabupaten Puncak Papua
Personel Satgas 303 Kostrad yang dipimpin oleh Danpos bergotong royong bersama masyarakat membangun Honai atau rumah adat asli Papua dari Suku Damal di Kampung Mayuberi Kabupaten Puncak Papua. Foto tangkapan layar
A A A
PUNCAK JAYA - Satgas Yonif Raider 303 Kostrad terus berupaya untuk selalu hadir di tengah masyarakat Kabupaten Puncak Papua . Seperti yang telah dilakukan di Pos Mayuberi, Personel Satgas 303 Kostrad yang dipimpin oleh Danpos bergotong royong bersama masyarakat membangun Honai atau rumah adat asli Papua dari Suku Damal milik Bapak Murib di Kampung Mayuberi Kabupaten Puncak Papua.



Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 303 Kostrad Letkol Inf Slamet Faojan M. Han dalam keterangan tertulisnya di Ilaga Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (8/6/2023). Baca juga: Semangati Pasukan Kostrad, Jenderal Dudung: Lebih Baik Pulang Nama daripada Gagal di Medan Perang

Dansatgas mengatakan, keberadaan TNI haruslah menjadi solusi bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Menurutnya, selain ramah lingkungan, Honai itu sendiri memiliki nilai kearifan lokal yang harus dijaga dan dipertahankan masyarakat adat Papua.

“Kami senang dan bangga bisa membantu masyarakat dalam membangun Honai, terlebih hal ini turut menjunjung tinggi dan menjaga kearifan lokal masyarakat yang ada di Papua. Di sisi lain, kami hadir di tanah Papua ini membawa kedamaian dan selalu berusaha memberikan solusi bagi sesama,” kata Dansatgas.

Di tempat terpisah, Lettu Inf Riski Beny selaku Danpos Mayuberi yang memimpin kegiatan tersebut menegaskan bahwa sebagai TNI yang lahir dari rakyat, keberadaan TNI harus peka terhadap lingkungan dan berusaha membantu meringankan beban warga masyarakat," ungkapnya.

Kegiatan pembangunan Honai tersebut didasarkan atas komunikasi warga dengan personel Satgas. Mereka membutuhkan bantuan tenaga dalam pembuatan Honai baru di Kampung Mundiba Kabupaten Puncak. Mendengarkan keluhan tersebut Danpos beserta Anggota Pos langsung melakukan aksi untuk membantu masyarakat dalam membangun Honai-nya.

Kedekatan Satgas 303 Kostrad dengan masyarakat sudah terjalin dengan baik. Diakhir kegiatan, personel Satgas bersama masyarakat makan bersama. TNI dan masyarakat memiliki ikatan batin melalui kegiatan bersama.
Pancaran Kebahagiaan begitu terlihat dari wajah warga dan TNI saat berkomunikasi satu sama lainnya. "Dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat bisa berkomunikasi dengan Satgas 303 Kostrad, menyampaiakan kendala maupun keluhan yang ada di wilayah Kabupaten Puncak, sehingga TNI dalam hal ini dapat menjadi solusi kedepan untuk membangun Papua yang lebih baik," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2406 seconds (0.1#10.140)