Pemudik Harus Waspadai Rob di Semarang

Kamis, 30 Juni 2016 - 20:00 WIB
Pemudik Harus Waspadai Rob di Semarang
Pemudik Harus Waspadai Rob di Semarang
A A A
SEMARANG - Para pemudik yang akan melewati Kota Semarang, Jawa Tengah, diimbau mewaspadai rob di kawasan Kaligawe dan Genuk.

"Titik rawan kemacetan, hal ini disebabkan adanya air rob setinggi 20-30 cm, tapi semoga dengan cuaca baik air rob tidak meninggi," ungkap Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanudin seusai memimpin Gelar Pasukan Operasi Ramadniya 2016 di Markas Polrestabes Semarang, Kamis (30/6/2016).

Di lokasi itu, sebut Burhanudin, akan ada pompa air dari pemerintah yang digunakan untuk menyedot air untuk mengurangi tinggi rob. Selain itu, ditempatkan pula petugas-petugas kepolisian di lokasi tersebut. Petugas akan sigap mengambil tindakan jika terjadi kemacetan.

Sementara itu, Polrestabes Semarang menyebut akan menurunkan 653 personil dalam rangka operasi tersebut, tergelar hingga H+7 Lebaran, dimulai Kamis ini. Jumlah ini belum termasuk tambahan personel dari TNI hingga instansi terkait.

Mereka akan disebar di beberapa tempat, termasuk pos pengamanan (pospam), pos pelayanan (posyan), dan pos terpadu. Di Kota Semarang, akan ada 21 pos, terinci 18 pospam, 2 posyan yakni di Tugu Muda dan kawasan Simpanglima, dan 1 pos terpadu.

"Pos Terpadu di perbatasan Mangkang. Pos-pos ini tergelar di titik-titik keramaian, termasuk lokasi wisata, perbelanjaan, ataupun tempat umum," lanjutnya.

Terpisah, Kepala Satuan Lalu Lintas Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Efendi, mengatakan ada tiga titik rawan kecelakaan lalu lintas di Kota Semarang.

Pertama, Jalan Walisongo alias jalur pantura setelah masuk atau keluar Semarang dari arah Kendal. Kedua, Jalan Brigjen Sudiarto alias jalur tengah arah Purwodadi, jalur ini merupakan arah ke timur dari Bundaran Simpanglima Semarang menuju Pedurungan, Mranggen Demak hingga Purwodadi.

Ketiga, di Kota Semarang adalah Jalur Kaligawe hingga kawasan Terboyo Kota Semarang. Polisi memetakan ini rawan kecelakaan lalu lintas karena tergenang rob dan kondisi di sana kerap padat arus lalu lintas.

"Di Jalan Walisongo juga banyak kendaraan besar, jalanan bergelombang. Jalan Brigjen Sudiarto itu (Pedurungan) juga termasuk padat."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3951 seconds (0.1#10.140)