Usbat Ganjar Ungkap Manfaat Salat bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Rabu, 07 Juni 2023 - 12:34 WIB
loading...
Usbat Ganjar Ungkap Manfaat Salat bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani
Relawan Usbat Ganjar Sumut menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Salat: Ibadah Jasmani dan Rohani di Jalan Starban, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Selasa (6/6/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
MEDAN - Relawan Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut menggelar kegiatan bertajuk Pelatihan Salat: Ibadah Jasmani dan Rohani. Kegiatan dengan melibatkan jemaah Majelis Taklim Al-Ishlah ini penting karena salat merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat Islam.

Korwil Usbat Ganjar Sumut Syabrun Jukhoir mengatakan, setiap gerakan salat ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan jasmani dan rohani. Banyak hal yang bakal diperoleh seseorang bila salat dilakukan secara khusyuk dan sempurna sesuai syariat. Misalnya mendapatkan kesehatan fisik, maupun kebugaran secara jasmani.

Pemateri kegiatan yakni Muhammad Iqbal Irham yang dikenal sebagai dai, trainer psikologi Islam, dan psikoterapi Islam. "Ada beberapa gerakan salat yang mungkin selama ini kita hanya menyepelekan seperti takbiratul ihram. Itu ada sebuah gerakan yang coba merekahkan pernapasan guna memperlancar peredaran darah dan begitu juga napas yang kita keluarkan," kata Syabrun di Jalan Starban, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Selasa (6/6/2023).

Di sisi lain, manfaat salat lainnya adalah mampu menenangkan hati, pikiran, dan jiwa seorang muslim. Sebab sejatinya ketika salat manusia tengah meninggalkan sejenak kesibukan duniawi untuk memberikan kesempatan bagi rohani atau jiwanya berkomunikasi dengan Allah SWT.

"Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan gerakan-gerakan salat itu sangatlah bermanfaat dan sekaligus memperkenalkan kegiatan-kegiatan usbat yang telah dilaksanakan yaitu gerakan sebuah gerakan religius yang juga bermanfaat bagi kemaslahatan umat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Usbat Ganjar Sumut turut menyerahkan sejumlah stimulus berupa seperangkat alat pengeras suara serta tikar anyaman untuk menunjang kegiatan-kegiatan majelis taklim maupun masyarakat sekitar.

Ketua Majelis Taklim Al-Ishlah, Suparmi (68) mengapresiasi kegiatan ini. Menurut dia, pelatihan ini dapat menggerakkan hati para jemaah supaya lebih giat lagi beribadah. "Bagus sekali. Kita dapat pengalaman salat yang sempurna dan juga berbagai manfaat nya untuk kesehatan jasmani dan rohani," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)