Hamil 7 Minggu, Jemaah Asal Kediri Tunda Keberangkatan Haji

Rabu, 07 Juni 2023 - 08:37 WIB
loading...
Hamil 7 Minggu, Jemaah Asal Kediri Tunda Keberangkatan Haji
Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram
A A A
SURABAYA - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) menyebutkan, seorang jemaah calon haji (calhaj) wanita dari kloter 30 asal Kabupaten Kediri dinyatakan positif hamil.

Jemaah haji ini dinyatakan positif hamil berdasarkan hasil pemeriksaan urin untuk jemaah wanita usia subur yang dilakukan oleh petugas kesehatan saat kedatangan jemaah haji kloter 30 pada Minggu (4/6/2023).

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan kehamilan oleh tim kesehatan, diketahui jemaah haji wanita dengan inisial SM kloter 30 asal Kabupaten Kediri ini usia kehamilannya 7 minggu.

Baca juga: Jelang Iduladha 2023, Jawa Timur Surplus Hewan Kurban

Berdasarkan Permenkes Nomor 15 Tahun 2016 tentang istithaah kesehatan jemaah haji bahwa, wanita hamil yang diprediksi usia kehamilannya pada saat keberangkatan kurang dari 14 minggu atau lebih dari 26 minggu ditetapkan tidak memenuhi kemampuan ibadah haji aspek kesehatan (Istithaah) kesehatan.

"Berdasarkan aturan tersebut, Ibu SM tidak memenuhi istithaah kesehatan jemaah haji, maka beliau ditunda keberangkatannya tahun ini," katanya, Selasa (6/6/2023).

Husnul mengungkapkan, hingga saat ini, di Jatim hanya ada 1 jemaah haji wanita yang mengalami tunda berangkat karena hamil. Husnul juga menjelaskan jumlah jemaah haji asal Jawa Timur yang sudah diberangkatkan.

“Alhamdulillah, Jatim pada Selasa (6/6/2023) pagi ini sudah memberangkatkan 33 kloter dengan total 14.634 orang atau sudah sekitar 40%” jelasnya.

Pria asal Gresik ini juga mengungkapkan kabar duka cita dari tanah suci. Diketahui, ada satu lagi jemaah calhaj asal Jatim yang wafat di Arab Saudi. Almarhum bernama Samsul Adib Mohamad Djafar (62) dari kloter 6 asal Pacitan. Samsul Adib meninggal karena penyakit jantung. "Total jemaah haji asal Jatim yang meninggal di tanah suci ada 7 orang," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1029 seconds (0.1#10.140)