Ratusan Buruh dan Masyarakat Ikut Tarian Massal di CFD Tegal

Senin, 05 Juni 2023 - 13:30 WIB
loading...
Ratusan Buruh dan Masyarakat Ikut Tarian Massal di CFD Tegal
Relawan GBB mewarnai jalannya CFD di Alun-alun Hanggawana, Slawi, Kabupaten Tegal dengan melakukan serangkaian kegiatan menarik, Minggu (4/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TEGAL - Relawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mewarnai jalannya Car Free Day (CFD) di Alun-alun Hanggawana, Slawi, Kabupaten Tegal dengan melakukan serangkaian kegiatan menarik. Agenda bertajuk Minggu Gembira Ganjaran itu bertujuan untuk mengonsolidasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo.

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB Garteks KSBSI), Serikat Pekerja Nasional (SPN), dan Serikat Pekerja Mandiri (SPM) ambil bagian dalam aksi tersebut. ”GBB ingin memperluas suara dukungan untuk Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, kata Ketua Umum GBB Lukman Hakim, Minggu (4/6/2023).

Dalam kegiatan itu, GBB membuka warung ganjaran yang berisi puluhan UMKM, video booth 360, dan signature wall (dinding tandatangan). Tak hanya itu, GBB bersama ratusan buruh dan masyarakat umum melakukan tarian massal Ngancak Balo diiringi musik kesenian daerah Tegal, Balo-Balo di penghujung acara.

Lukman berharap, kegiatan yang melibatkan tiga serikat buruh/serikat pekerja (SB/SP) ini mampu menjangkau puluhan ribu buruh di Tegal. "Kami menyediakan signature wall bagi kaum buruh maupun masyarakat umum untuk membubuhkan tanda-tangan sebagai bentuk dukungan pada Ganjar Pranowo," lanjutnya.

Sekretaris Jenderal GBB Kelik Ismunanto mengatakan, setelah kegiatan ini pihaknya akan menindaklanjuti dukungan dengan konsolidasi ke setiap perusahaan. Mereka akan membentuk struktur pemenangan Ganjar Pranowo berbasis perusahaan serta menjaring suara kaum buruh.

Ketua Dewan Pembina GBB Ferry Indrianto menambahkan, kegiatan ini merupakan wadah bagi para buruh untuk tampil dan berani berekspresi di ruang public. Termasuk bisa memilih pemimpin yang peduli terhadap nasib kaum buruh. "Saatnya kaum buruh mulai keluar dari pabrik dan merebut ruang publik untuk memenangkan pak Ganjar Pranowo," katanya.

Sekretaris DPC Tegal Raya M Rikhni Yusron mengatakan kesiapan kaum buruh di Tegal Raya untuk memenangkan Ganjar Pranowo. "Tegal punya banyak basis industry. Itu akan menjadi target konsolidasi kami untuk memenangkan Ganjar Pranowo," tandasnya.

Arifah Tri Adinda (21), salah satu warga mengaku senang dengan bentuk kegiatan GBB yang kreatif dan melibatkan orang banyak. "Kegiatan politik yang kreatif seperti ini yang seharusnya diperbanyak, karena menarik minat publik seperti saya," katanya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)