Puluhan Tahun Hidup dalam Keterbatasan, Warga Pelosok di KBB Mulai Nikmati Listrik

Sabtu, 03 Juni 2023 - 18:09 WIB
loading...
Puluhan Tahun Hidup dalam Keterbatasan, Warga Pelosok di KBB Mulai Nikmati Listrik
Petugas PLN sedang memasang tiang listrik di Kampung Tonjong, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, KBB, yang selama puluhan tahun belum teraliri listrik secara mandiri. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Warga di Kampung Tonjong, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), akhirnya mulai bisa merasakan cahaya listrik di malam hari. Itu setelah jaringan gardu PLN mulai masuk ke wilayah pelosok yang berbatasan langsung dengan desa di Kabupaten Cianjur.

Selama ini warga di Kampung Tonjong, hidup dalam kegelapan tanpa listrik. Pasalnya wilayah tersebut masuk ke dalam daerah blank spot atau tanpa sinyal jaringan telepon selular karena lokasinya yang ada di pelosok. Selama ini mereka harus menarik kabel sepanjang 2 kilometer dari daerah tetangga untuk bisa menyalakan lampu.

Biaya yang dikeluarkan menjadi mahal karena akses utama menuju kampung ini sulit untuk ditempuh. Jalan terjal dipenuhi bebatuan serta lumpur dan hanya memiliki lebar satu meter, membuat akses kendaraan harus hati-hati jika tidak ingin terperosok ke jurang di kanan kirinya.

Baca juga: Geger! Viral Tuyul Gentayangan di Tasikmalaya, Warga Resah dan Pasang Spanduk Peringatan!

Sehingga aliran listrik yang menyantol dari daerah tetangga hanya cukup untuk menyalakan lampu saja di malam hari. Sebab satu aliran dipakai oleh semua rumah secara bersama-sama. Alhasil listrik menjadi sesuatu yang mahal bagi warga di Kampung Tonjong, karena untuk menyalakan barang elektronik yang membutuhkan pasokan listrik tidak memungkinkan.

"Sejak saya kecil listrik tidak sampai ke sini, sekarang alhamdulilah mulai masuk," terang salah seorang warga Kampung Tonjong, Andri Supriadi (30), Sabtu (3/6/2023).

Menurutnya, masyarakat di Kampung Tonjong sangat menyambut gembira adanya aliran listrik yang telah dinantikan selama puluhan tahun. Total PLN telah memasang sebanyak 20 tiang listrik untuk bisa mengalirkan listrik ke wilayah tersebut. Sehingga dalam waktu dekat semua rumah bisa mendapatkan listrik masing-masing.

"Kemarin sudah terpasang tiang-tiang listriknya, mudah-mudahan bisa segera teraliri listrik, jadi rumah-rumah warga di kampung ini bisa terang benderang," tuturnya.

Kepala Desa Sindangjaya, Wahyudin menyebutkan di wilayahnya ada 8 kampung termasuk Kampung Tonjong yang belum teraliri listrik. Setelah berkoordinasi dengan pemerintah dan PLN, semua kampung itu akan teraliri listrik di tahun ini karena tiang-tiangnya sudah terpasang tinggal proses menarik jaringan KWH ke rumah warga.

"Banyak kampung di wilayah kami yang posisinya terpencil yang belum teraliri listrik. Alhamdulillah tidak lama lagi akan teraliri listrik, berkat perhatian dari pemerintah dan PLN,” ucapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3038 seconds (0.1#10.140)