Kiai Muda Jatim Pelatihan Memasak Presto Ayam dan Bandeng di Sampang

Kamis, 01 Juni 2023 - 13:49 WIB
loading...
Kiai Muda Jatim Pelatihan Memasak Presto Ayam dan Bandeng di Sampang
Relawan Kiai Muda Jatim menggelar pelatihan memasak presto ayam dan bandeng di Kabupaten Sampang, Madura, Rabu (31/5/2023). Kegiatan tersebut diikuti warga dan santri Ponpes Darul Hasibin. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SAMPANG - Relawan Kiai Muda Jatim menggelar pelatihan memasak presto ayam dan bandeng di Kabupaten Sampang, Madura. Kegiatan tersebut diikuti warga dan santri Ponpes Darul Hasibin.

"Kami memperkenalkan kepada mereka tentang catering, terutama kita kenalkan mereka tentang cara memasak presto ayam atau bandeng," kata Korwil Kiai Muda Jatim Ali Baidlowi di Dusun Gunung Perahu, Desa Tambak, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Rabu (31/5/2023).

Pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan dan motivasi dalam membuat usaha kuliner. Kaum perempuan dapat membantu menambah perekonomian keluarganya.

Menurut Ali, presto bandeng dan ayam memiliki potensi ekonomi lantaran permintaan produk kuliner tersebut dinilai sedang tinggi untuk saat ini. Khususnya di wilayah Jatim.

"Sekarang lagi tren, banyak pesanan di masyarakat untuk pengolahan daging. Maka dari itu, kita perkenalkan cara memasak atau mengolah daging ayam atau bandeng sebagai percontohan nanti bisa dikembangkan pada daging lain, sapi atau kambing," tuturnya.

Tak sekadar menguasai teknik memasak presto secara khusus, Ali mengakui perlu ada inovasi dari warga untuk menciptakan produk kuliner serupa agar memiliki ciri khas yang menambah nilai ekonomisnya. Selanjutnya, produk tersebut bisa dijual secara langsung maupun dititipkan kepada pihak lain.

Meski baru sekali ini relawan Ganjar Pranowo ini menggelar kegiatan di Madura, sambutan warga sangat positif. Masyarakat setempat juga sangat terbuka saat para pengurus Kiai Muda Jatim mengenalkan dan menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 mendatang.

"Alhamdulillah baru pertama ini masuk. Insyaallah bulan-bulan ke depan kita sudah ada planing dan mereka yang juga siap di Sumenep, Pamekasan ataupun Bangkalan sendiri," ujarnya.

Respons positif dari masyarakat itu berkat platform kegiatan yang memiliki nilai manfaat secara sosial maupun ekonomis. Ditambah, pemberian bantuan sesuai kegiatan yang dilakukan.

Manfaat kegiatan ini dirasakan Pimpinan Ponpes Darul Hasibin, Khoirul Mufid. Melalui pelatihan membuat presto ayam dan bandeng, dia berharap para santri termotivasi untuk membangun usaha. "Alhamdulillah kegiatan ini bisa memberikan hal positif bagi warga di Desa Tambak Kecamatan Omben Kabupaten Sampang," katanya.

Dia pun semakin terkesan dengan Ganjar Pranowo dan siap mendukungnya menjadi Presiden 2024. "Insyaallah (warga) sangat mendukung Pak Ganjar. (Karena) Pak Ganjar itu baik dan Insyaallah amanah," ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2711 seconds (0.1#10.140)