KNP Sumsel Edukasi Nelayan Banyuasin Jaga Lingkungan Perairan Sungai Musi

Senin, 29 Mei 2023 - 14:07 WIB
loading...
KNP Sumsel Edukasi Nelayan Banyuasin Jaga Lingkungan Perairan Sungai Musi
Relawan KNP Sumsel menggelar edukasi menjaga lingkungan perairan di sekitar Sungai Musi di Desa Perajin, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin, Minggu (28/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANYUASIN - Relawan Komunitas Nelayan Pesisir (KNP) Sumsel menggelar edukasi menjaga lingkungan perairan di sekitar Sungai Musi, Kabupaten Banyuasin. Kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat karena bisa menambah wawasan dan kesadaran mereka.

”Acara hari ini kami melakukan silaturahmi kepada nelayan pesisir di Desa Perajin. Yang kedua, kami menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden,” kata Korwil KNP Sumsel Heldi Bagja di Desa Perajin, Kecamatan Banyuasin 1, Kabupaten Banyuasin, Minggu (28/5/2023).

Bagja mengakui lingkungan perairan di desa tersebut sudah tercemari limbah industri hingga sampah rumah tangga. “Kami perlu edukasi masyarakat sebagai agent of control. Sehingga, bisa mengontrol perusahaan-perusahaan yang ada di sini. Kalau perusahaan itu membuang limbah berlebihan atau tidak diolah lagi, yang dirugikan adalah masyarakat dan nelayan,” tuturnya.

Kerusakan lingkungan perairan akibat pencemaran dikhawatirkan dapat mengurangi hasil tangkapan ikan. Relawan Ganjar ini juga memberikan bantuan alat pancing ikan tradisional yang biasa disebut rawai oleh warga setempat.

Setelah melakukan serangkaian kegiatan sosialisasi kepada para nelayan, dukungan terhadap Ganjar menjadi Presiden 2024 kian meningkat.

“Apalagi, kami ketahui betul Pak Ganjar ini sangat peduli dengan nelayan. Contohnya, pada 2022 dia membuat aplikasi untuk mengontrol (memantau kondisi) cuaca. Sehingga, nelayan yang ingin melaut itu bisa melihat aplikasi terlebih dahulu,” lanjutnya.

Di Desa Perajin terdapat sedikitnya empat kelompok nelayan yang beranggotakan hingga sekitar 100 orang nelayan per kelompok. Namun hasil tangkapan ikan mereka terus menurun akibat cuaca buruk, terutama hujan lebat. Selain itu kerusakan lingkungan juga ikut memengaruhi hasil tangkapan.

Para nelayan berterima kasih kepada para relawan yang telah mengedukasi dan memberi bantuan kepada mereka. “Kami sangat berterima kasih kepada KNP Sumsel telah memberikan edukasi kepada nelayan untuk menjaga lingkungan,” ujar Geni Lesmana, perwakilan nelayan.

Menurutnya, sosok Ganjar Pranowo dinilai baik karena memperhatikan kondisi masyarakat pesisir di desa-desa selaku gubernur Jateng. Geni pun berharap Ganjar bisa terus perhatian kepada masyarakat pesisir di seluruh Indonesia jika nanti terpilih menjadi Presiden 2024.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)