Busrul Iman Resmi Jabat Dirut Bank Jatim

Kamis, 23 Juli 2020 - 18:41 WIB
loading...
Busrul Iman Resmi Jabat Dirut Bank Jatim
Busrul Iman diangkat sebagai Direktur Utama Bankjatim dalam RUPSLB 2020, di Ruang Bromo, Kantor Pusat Bankjatim, Surabaya, Kamis (23/7/2020). Foto/Bankjatim
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa melantik Busrul Iman sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim di Gedung Negara Grahadi, Kamis (23/7/2020).

Busrul Iman ditetapkan sebagai dirut dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar di kantor pusat Bank Jatim di Jalan Basuki Rahmat Surabaya.

Dalam sambutannya, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap Busrul Imam mampu meningkatkan kinerja Bank Jatim. Orang nomor satu itu ingin agar BUMD Jatim ini mampu mendongrak ekonomi, utamanya di sektor usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

“Di Jatim terdapat hampir 10 juta pelaku UMKM. Saya harap UMKM bisa tumbuh dan berkembang dengan keberadaan Bank Jatim,” katanya.

(Baca juga: Gubernur Khofifah Perpanjang Program Lumbung Pangan Jatim hingga Desember )

Sementara itu, Direktur Utama Bank Jatim yang baru dilantik, Busrul Iman mengaku akan berusaha melaksanakan apa yang menjadi pesan dari Gubernur Jatim Khofifah.

Perihal perhatian Bank Jatim terhadap pelaku UMKM, Busrul menegaskan, sampai dengan bulan Mei hingga Juni 2020, baik pada indikator kinerja perusahaan, di bidang penghimpunan dana maupun pinjaman, tetap tumbuh. “Untuk masa pandemi ini, tentu kedepan kita perlu upaya upaya strategis untuk mitigasi resiko,” katanya.

Diketahui, kinerja hingga bulan Mei 2020 tercatat aset Bank Jatim sebesar Rp72,36 triliun atau tumbuh 9,69 % (YoY). Dari segi bisnis, kredit tumbuh 12,07 % (YoY) atau sebesar Rp38,96 triliun.

Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 10,76 % (YoY) atau sebesar Rp61,36 triliun. Pertumbuhan performa kinerja keuangan Bank Jatim yang cukup bagus tersebut, mampu menjaga rasio keuangan bankjatim posisi Mei 2020 di tingkat yang wajar.

(Baca juga: Pemakzulan Bupati Jember, Khofifah: Kita Tunggu Fatwa MA )

Tercatat Return on Equity (ROE) sebesar 18,25% menunjukkan rasio profitabilitas masih cukup bagus. Dari sisi ketahanan modal, rasio CAR sebesar 21,61 % menggambarkan kecukupan modal cukup bagus.

Diikuti dengan Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,88 %, ROA sebesar 2,60% serta tingkat efisiensi yang cukup bagus. Ini dilihat dari rasio BOPO sebesar 70,71%. Dengan catatan kinerja tersebut, Bank Jatim mampu mencatatkan laba bersih sebesar Rp608,22 miliar.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7404 seconds (0.1#10.140)