Gantikan Ibu yang Meninggal, Bobi Setiawan Jadi Calon Jemaah Haji Termuda dari KBB

Sabtu, 27 Mei 2023 - 03:21 WIB
loading...
Gantikan Ibu yang Meninggal, Bobi Setiawan Jadi Calon Jemaah Haji Termuda dari KBB
Bobi Setiawan (20) menjadi calon jemaah haji termuda dari kloter pertama di Kabupaten Bandung Barat yang diberangkatkan dari Pusdikkav Padalarang, hari ini, Jumat (26/5/2023). Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Rasa haru, sedih, dan bahagia berkecamuk di dalam benak Bobi Setiawan (20). Dia tidak menyangka di usianya yang masih belia bisa berkesempatan untuk pergi ke Tanah Suci menunaikan ibadah haji.

Namun dibalik kebahagiaannya itu, dirinya pun memendam rasa sedih dan haru jika mengingat sang ibu. Pasalnya, keberangkatannya ke Tanah Suci hari ini adalah untuk menggantikan ibunya yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Hari ini, Jumat (26/5/2023) dirinya beserta 391 calon jemaah haji lainnya asal KBB, menjadi kloter pertama yang diberangkatkan dari aula Pusdikkav, Padalarang, untuk menuju ke asrama haji di Bekasi. Mengenakan seragam calon jemaah haji lengkap dengan kopiah dan syal melingkar di leher, dia tampak menjadi pembeda dengan jemaah lainnya.

"Saya bersyukur, alhamdulilah bisa berhaji ke Tanah Suci tahun ini," ucapnya kepada wartawan saat ditemui menjelang pemberangkatan.

Baca juga: Berpakaian Serba Putih, Ridwan Kamil dan Atalia Praratya Hadiri Haul Emmeril Kahn Mumtadz

Dia menceritakan, kesempatan dirinya bertolak ke Tanah Suci lantaran menggantikan ibunya yang meninggal pada tahun 2016 silam. Awalnya ibunya sudah berniat untuk menunaikan ibadah haji dengan mendaftar di tahun 2012.

Namun takdir berkehendak lain karena sang ibu lebih dulu dipanggil oleh sang kuasa. Sehingga otomatis dirinya menggantikan posisi ibunya karena kuotanya sudah terdaftar. Sehingga dia pun langsung mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Seperti mengikuti manasik haji, hingga persiapan fisik dan mental jelang keberangkatan. Sehingga hari ini dirinya sudah siap untuk menunaikan Rukum Islam yang kelima. Terbang ke Tanah Suci untuk meneruskan cita-cita ibunya dan mendaoakannya supaya mendapatkan tempat yang istimewa di surganya.

"Persiapan sudah matang, hari ini saya juga diantar oleh keluarga. Semoga semua berjalan lancar dan bisa pulang kembali ke Bandung Barat dalam keadaan sehat," kata Bobi yang sehari-hari berprofesi sebagai sopir pribadi ini. adi haryanto

Foto : Bobi Setiawan (20) menjadi calon jemaah haji termuda dari kloter pertama di Kabupaten Bandung Barat yang diberangkatkan dari Pusdikkav Padalarang, hari ini, Jumat (26/5/2023). Foto/MPI/Adi Haryanto
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2667 seconds (0.1#10.140)