Ungkap Rahasia Harun Jemaah Haji Tertua 119 Tahun, Gubernur Khofifah: Rutin Tahajud dan Baca Al-Qur'an

Kamis, 25 Mei 2023 - 20:40 WIB
loading...
Ungkap Rahasia Harun Jemaah Haji Tertua 119 Tahun, Gubernur Khofifah: Rutin Tahajud dan Baca Al-Quran
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menemui kakek Harun berusia 119 tahun yang tercatat sebagai jemaah haji tertua se-Indonesia. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersapa menemui Harun warga Pamekasan berusia 119 tahun yang tercatat sebagai jemaah haji tertua se-Indonesia dalam ibadah haji tahun 2023. Khofifah menemui Harun di Posko Bidang Lansia, Gedung Roudho, Asrama Haji Surabaya, Kamis (25/5/2023).

Harun berasal dari Dusun Karang Duak RT 001/RW 001 Desa Pangbatok, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan. Pria kelahiran Pamekasan, 1 Juli 1904 ini tercatat dalam kloter 6 embarkasi Surabaya. Rencananya ia akan berangkat ke tanah suci pada Kamis (25/5/2023) pukul 19.10 WIB.



Secara khusus, Khofifah lalu bertanya apa resep Harun hingga masih sehat hingga usia 119 tahun. Harun pun mengaku bahwa ia rutin membaca Al-Qur'an dan melakukan salat malam.

“Ternyata Mbah Harun ini rutin membaca Al-Qur'an dan tanpa kaca mata. Karena memang waktu beliau banyak sehingga setiap saat bisa membaca Al-Qur’an. Kemudian beliau juga istiqomah melakukan Sholat Malam,” katanya.



Khofifah mengatakan, menurut data medis dari Tim Kesehatan, semua hasil cek kesehatan Harun terkonfirmasi dalam keadaan baik. Bahkan tidak ada rekomendasi obat-obatan khusus yang harus dibawa kecuali vitamin C saja dan istirahat yang cukup.

“Mbah Harun ini didampingi keponakannya yang berumur 63 tahun. Dan katanya beliau ini tidak berkenan disiapkan kursi roda. Jadi luar biasa sekali semangatnya. Doa saya semoga beliau beserta seluruh jemaah Haji Indonesia terutama asal Jatim diberikan kesehatan, kelancaran dan menjadi haji yang mabrur,” katanya.



Lebih lanjut, Khofifah mengatakan, berbagai upaya komprehensif terus dimaksimalkan untuk memberikan pelayanan bagi para jemaah haji terutama yang berusia lanjut atau lansia.

“Saya menekankan pentingnya perhatian ekstra bagi jemaah haji lansia. Kami terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar ikut mengawal kesehatan para jemaah haji terutama yang lansia,” tandasnya.

Sementara itu, saat ditanya perasaannya ditemui oleh orang nomor satu di Jatim tersebut, Harun mengaku sangat senang. Menurutnya, kunjungan Khofifah ini menambah semangatnya untuk beribadah haji di tanah suci. “Harapan saya selamat dunia akhirat,” ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)