Rampungkan Hasil Studi Elektrifikasi, ITDP-UK PACT Bantu Wujudkan Kota Terpadu dan Berkelanjutan

Selasa, 23 Mei 2023 - 23:19 WIB
loading...
Rampungkan Hasil Studi Elektrifikasi, ITDP-UK PACT Bantu Wujudkan Kota Terpadu dan Berkelanjutan
Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia yang bermitra dengan UK PACT telah merampungkan hasil studi elektrifikasi bus Transjakarta. Foto dok/ist
A A A
JAKARTA - Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia yang bermitra dengan UK PACT (Partnering for Accelerated Climate Transitions) telah merampungkan hasil studi elektrifikasi bus Transjakarta . Hasil studi ini menjadi bentuk nyata dukungan dari ITDP Indonesia-UK PACT dalam mencapai target elektrifikasi armada Transjakarta pada 2030.

Hasil studi telah diserahkan secara resmi dalam helatan Sustainable E-Mobility Event: Lessons Learned from Jakarta di Hotel Aryaduta Menteng, Selasa 24 Mei 2023.



Sri Haryati selaku Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta mengungkapkan, Pemsprov berkomitmen mendukung transportasi yang berkelanjutan sebagai salah satu upaya untuk mencapai dekarbonisasi pada tahun 2050.

Pemprov, lanjut dia, mengapresiasi kerja sama dari berbagai pihak salah satunya ITDP dan Pemerintah Inggris melalui program UK PACT studi implementasi bus listrik untuk armada Transjakarta.

"Kami berharap kerja sama jangka panjang yang telah terjalin ini dapat terus berkelanjutan. Hasil studi dari ITDP Indonesia ini tentunya sangat membantu Jakarta menuju elektrifikasi transportasi publik, sebagai bagian dari langkah komitmen penataan Jakarta menuju Sustainable Global City," ujar Sri Haryati saat menerima hasil studi tersebut.

Adapun hasil studi yang diserahkan oleh ITDP Indonesia meliputi antara lain; peta jalan implementasi armada bus listrik, penguatan kerangka kebijakan seputar elektrifikasi bus, alternatif skema pendanaan, dan pengembangan business case implementasi bus listrik untuk armada Transjakarta.

Sementara itu, Matthew Downing, Deputy Ambassador untuk Indonesia dan Timor Leste mengungkapkan bahwa hasil kajian yang diserahterimakan ini merupakan hasil kerja sama yang intens selama beberapa tahun antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, UK PACT, ITDP Indonesia dan berbagai lembaga kunci lainnya.

"Saya berharap hasil studi ini dapat berkontribusi pada percepatan target Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghadirkan transportasi rendah karbon yang dapat diakses oleh setiap orang, termasuk penyandang disabilitas,” ungkap Matthew saat menyampaikankeynote speech.

ITDP Indonesia telah secara konsisten bersinergi dan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2000 hingga saat ini. ITDP mendampingi kota Jakarta dengan keahlian teknis, advokasi langsung dan panduan kebijakan untuk mengurangi dampak perubahan iklim, meningkatkan kualitas udara dan mendukung terwujudnya kota dan masyarakat yang sejahtera, berkelanjutan, dan adil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)