5 Masjid yang Menyediakan Manasik Haji, Megah dan Indah

Senin, 22 Mei 2023 - 16:22 WIB
loading...
5 Masjid yang Menyediakan Manasik Haji, Megah dan Indah
Sedikitnya ada lima masjid yang sampai saat ini telah menyediakan program manasik haji. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima masjid yang sampai saat ini telah menyediakan program manasik haji . Kelima masjid tersebut akan membuka programnya itu guna meningkatkan kualitas jamaah haji Indonesia.

Manasik Haji biasanya akan dilaksanakan di masjid-masjid besar. Setiap daerah tentu memiliki masjid yang bisa digunakan sebagai sarana manasik haji bagi para calon jamaah haji.


Berikut lima masjid yang sampai saat ini menyediakan program manasik haji:

1. Masjid Agung Syahrun Nur

Masjid Agung Syahrun Nur merupakan salah satu masjid di Indonesia yang menyediakan program manasik haji. Kegiatan bimbingan manasik haji bagi para jamaah ini dilakukan dengan harapan agar dalam melaksanakan ibadah nantinya akan berjalan dengan lancar.

Terletak di pintu gerbang pusat Perkantoran Pemkab Tapanuli Selatan, Masjid Agung Syahrun Nur dapat menampung sekitar 2.350 jemaah. Jumlah tersebut dibagi menjadi 760 berada di dalam masjid, 560 berada di teras dan sisanya akan ditampung di lahan sekitar masjid.

Masjid yang tergolong besar ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari ruang parkir untuk kendaraan roda dua, roda empat, dan bus yang diperkirakan mencapai 222 lot.

2. Masjid Pusdai

Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat (Jabar) termasuk masjid yang juga bisa memberikan bimbingan manasik bagi jemaah haji, khususnya bagi para jamaah yang berasal dari Jawa Barat.

Masjid yang sudah berusia sekitar seperempat abad ini juga disebut dengan Islamic Center Jabar. Meskipun sudah termakan usia, bangunan dengan ciri khas Timur Tengah dan sentuhan ornamen sunda nya pun masih kian terjaga.


3. Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen

Berada di Provinsi Aceh, Masjid Agung Sultan Jeumpa Bireuen juga bisa digunakan untuk manasik haji. Para jamaah yang mengikuti manasik haji di masjid ini akan berlangsung selama enam hari.

Selain dijadikan sebagai sarana untuk program manasik haji, masjid yang satu ini juga biasa digunakan sebagai wisata religi bagi sebagian masyarakat muslim. Terutama ketika menjelang bulan Ramadhan tiba.

4. Masjid Agung Palopo

Dengan menyediakan fasilitas seperti miniatur ka’bah, Masjid Agung Palopo juga masuk dalam daftar masjid yang bisa digunakan untuk manasik haji. Masjid ini terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Selain digunakan untuk melengkapi program manasik haji, miniatur ka’bah tersebut juga biasa warga dijadikan tempat mengabadikan momen di sana. Hal itu dikarenakan miniatur tersebut dilengkapi dengan hiasan lampu yang tampak elegan.

5. Masjid Al-Furqon

Setiap tahunnya, Masjid Al-Furqon juga biasa digunakan untuk sebagai tempat manasik haji. Masjid ini dapat menampung ratusan calon jamaah haji khusus warga Bandar Lampung yang akan berangkat ke tanah suci.

Sama seperti masjid besar pada umumnya, Masjid Al-Furqon juga biasa dijadikan sebagai wisata religi. Hal itu terjadi lantaran adanya menara setinggi 114 meter yang diresmikan menjadi ikon baru masjid tersebut.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)