Antisipasi Banjir Bandang, Pemda KBB Bakal Perlebar Aliran Sungai Cibeber

Minggu, 21 Mei 2023 - 07:26 WIB
loading...
Antisipasi Banjir Bandang, Pemda KBB Bakal Perlebar Aliran Sungai Cibeber
Banjir bandang yang terjadi di wilayah Kabupaten Bandung Barat beberapa waktu yang lalu.Foto/dok
A A A
BANDUNG BARAT - Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyiapkan upaya penanganan permanen untuk mengantisipasi terjadinya kembali banjir bandang di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta.

Berdasarkan hasil assessment yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dinas terkait lainnya, perlu adanya perhatian khusus terhadap Sungai Cibeber agar air tidak kembali meluap ketika hujan deras turun.

"Pemicu banjir bandang di kawasan itu karena hujan deras yang turun sehingga membuat air Sungai Cibeber meluap," kata Kepala BPBD KBB, Jarot Prasetyo, Sabtu (20/5/2023).

Akibat banjir bandang yang terjadi akhir pekan lalu itu mengakibatkan permukiman di lima kampung terdampak. Selain merendam permukiman, bangunan sekolah juga terkena banjir lumpur. Total ada 64 kepala keluarga (KK) yang terdampak langsung.

Baca juga: Kisah Mistis Tol Cipularang, Nomor 3 Mobil Ditumpangi Wanita Berwajah Hancur

Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengatakan, bersama OPD terkait telah meninjau langsung kondisi lokasi banjir bandang tersebut. Kendala yang jadi penyebab banjir itu karena aliran sungai yang ada di wilayah tersebut dimensinya kurang dan sangat kecil sekali.

Untuk melakukan pelebaran sungai, lanjut dia, perlu adanya komunikasi yang intensif bersama masyarakat setempat. Terlebih warga yang memiliki lahan dekat dengan sungai diharapkan dapat mewakafkan lahannya agar aliran sungai tersebut bisa dilebarkan.

"Pelebaran sungai yang dilakukan akan meminimalisir banjir yang berdampak ke pemukiman maupun lahan pertanian. Jadi nantinya jalur airnya on the track dan tidak melebar kemana-mana," ucap Hengki.

Sebab saat ini, lebar aliran sungainya kecil tapi volume airnya ketika hujan deras di luar normal jadi meluap kemana-mana. Selain itu dia pun meminta ke masyarakat untuk tetap menjaga daerah aliran sungai tetap hijau agar bisa jadi penahan air saat hujan.

Seperti diketahui banjir bandang menerjang lima kampung di Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Minggu (14/5/2023). Banjir terjadi setelah air dari aliran Sungai Cibeber meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut pada Sabtu petang sehingga merendam rumah, sekolah, dan lahan pertanian.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)