Upaya Wanita Indonesia Tumbuhkan Minat Wirausaha

Selasa, 16 Mei 2023 - 16:31 WIB
loading...
Upaya Wanita Indonesia Tumbuhkan Minat Wirausaha
Kontes WTB akan memberikan kesempatan langsung bagi para wanita untuk mengembangkan dan menerapkan keterampilan bisnis dan profesional untuk bisnis mereka saat ini maupun ide bisnis baru. (Ist)
A A A
SEMARANG - Kompetisi Wanita Tumbuh Bersama (WTB), sebuah inisiatif nasional yang diluncurkan oleh Labamu dan LiftWomen bertujuan untuk meningkatkan kewirausahaan wanita dan partisipasinya dalam perekonomian negara.

Kontes WTB akan memberikan kesempatan langsung bagi para wanita untuk mengembangkan dan menerapkan keterampilan bisnis dan profesional untuk bisnis mereka saat ini maupun ide bisnis baru.

Wanita dalam UKM dapat menjadi pendorong utama untuk membangun ekonomi yang siap menghadapi masa depan dengan meningkatkan keterlibatan, peningkatan keterampilan, dan pemberdayaan digital mereka.

Menurut data terbaru, wanita hanya menyumbang 39% dari angkatan kerja Indonesia, meskipun mewakili lebih dari setengah populasi negara ini.

Kesenjangan gender dalam partisipasi ekonomi ini tidak hanya membatasi potensi wanita tetapi juga menghambat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negara.

Selain itu, tingginya tingkat pekerjaan informal mengakibatkan wanita menjadi "pengusaha kebutuhan". Laporan Kelompok Bank Dunia tahun 2021 menemukan bahwa akses ke jaringan keuangan dan dukungan di Indonesia merupakan tantangan utama bagi wanita dalam bisnis.

Terlepas dari tantangannya, wanita menghabiskan 90 sen dari setiap pendapatan yang diperoleh untuk keluarga mereka, termasuk untuk pendidikan, kesehatan, dan gizi anak-anak mereka, menciptakan efek pengganda yang kuat; Ini dibandingkan dengan 30-40 persen yang dikhasilkan oleh pria.

Kontes WTB mengakui kesenjangan pasar dan rintangan yang dihadapi oleh wanita Indonesia dan berupaya untuk membangun dan memberdayakan kewirausahaan wanita.

Acara ini mengundang wanita Indonesia dari semua industri, berusia 20 tahun ke atas, untuk berpartisipasi dan memamerkan ide bisnis mereka, menerima bimbingan dan pendanaan, dan pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi negara.

"Kami berkomitmen untuk mempromosikan dan mendukung pengusaha perempuan untuk membangun lini bisnis luar biasa berikutnya di Indonesia yang selanjutnya akan berkontribusi pada pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negara," kata Direktur Labamu, Arnold Sebastian Egg.

"Setelah 18 bulan meningkatkan bisnis yang dipimpin perempuan di Australia dengan pendanaan dan sumber daya bisnis, kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan Labamu dan memperluas dampak kami ke Indonesia. Kami percaya bahwa dengan mendukung kewirausahaan perempuan, kami membantu mereka dan keluarga serta masyarakat, untuk menjalani kehidupan dengan potensi penuh mereka," tambah Irene Tsang, Pendiri LIFTWomen Group

Kontes WTB memiliki proses partisipasi yang sederhana, dimulai dengan pengajuan aplikasi secara online diikuti dengan presentasi oleh para finalis pada Malam Gala Award. Pengajuan akan berada dalam 2 kategori: Sustainability dan Innovation.

Selain itu, juga akan ada penghargaan People's Choice dan Overall Winner. Total hadiah kompetisi ini bernilai Rp80 juta. Tak hanya itu, peserta juga akan menerima bimbingan dan pelatihan bisnis di semua tahap kontes.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)