Ingin Makan Enak Tiap Hari, Mahasiswa di Malang Nekat Kuras Uang Belasan Juta dari ATM Milik Sahabatnya

Rabu, 17 Mei 2023 - 13:03 WIB
loading...
Ingin Makan Enak Tiap Hari, Mahasiswa di Malang Nekat Kuras Uang Belasan Juta dari ATM Milik Sahabatnya
BEN (rambut pirang) pelaku pencurian uang jutaan rupiah milik sahabatnya sendiri. Foto Avirista Midaada
A A A
MALANG - Mahasiswa di Kota Malang nekat mengambil uang belasan jutaan rupiah di ATM (anjungan tunai mandiri) milik sahabatnya sendiri. Pelaku berinisial BEN (20) warga Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang tersebut melakukanya karena ingin makan makanan enak setiap hari. Aksi itu dilakukannya dengan memanfaatkan kedekatan dengan korbannya.

Kasatreskrim Polresta Malang Kota Kompol Bayu Febrianto Prayoga menyatakan, pelaku menguras isi ATM milik sahabatnya sendiri. Kebetulan korban dan pelaku kerap berinteraksi dan mengerjakan tugas kuliah bersama di rumah kos korban di Kelurahan Pandanwangi, Kota Malang.


"Tersangka merupakan teman dekat korban. Setiap hari selalu mengerjakan tugas bersama, pada saat di kos-kosannya tersangka mengambil ATM korban yang berada di dompetnya pada saat korban berada di luar kamar kosannya," ucap Bayu Febrianto Prayoga di Mapolresta Malang Kota, pada Rabu (17/5/2023).

Selanjutnya tersangka yang sudah mengetahui password ATM korban bergegas ke ATM yang dituju. Di sanalah BEN awalnya mengambil uang Rp10 juta milik sahabatnya sendiri. Usai mengambil uang tersebut, pelaku bermain ke kamar kos korban dan tak ada kecurigaan sama sekali dari korbannya.

"Malam harinya pelaku berpura-pura main kembali ke rumah korban untuk mengembalikan ATM tersebut ke dompet korban. Besoknya melakukan hal serupa, mengambil uang Rp5.700.000, tapi karena saldo habis ATM dibuang oleh pelaku di sekitar ATM tersebut," paparnya.

Sahabat pelaku baru menyadari ATM-nya raib ketika akan mengambil uang pada 1 April 2023. Korban kemudian mengeceknya dan melaporkan ke Polresta Malang Kota. Dari hasil penyelidikan polisi, kehilangan ATM itu mengarah ke arah pencurian dan pelakunya tak lain adalah sahabat korban sendiri.

"Setelah melakukan penyelidikan pelaku berhasil ditangkap, pelaku melakukan hal tersebut dua kali dalam dua hari tersebut, total Kerugian 17 juta," terangnya.

Di sisi lain BEN tega menguras uang puluhan juta milik sahabatnya sesama mahasiswa karena tergiur dengan hartanya. Uang hasil curian itu digunakan BEN untuk membelikan makanan teman-temannya dan kebutuhan sehari-hari.

"Untuk traktir teman-teman, makan sama teman, makan pizza. (Tahu password ATM) karena sering bareng, saya hafalin," ucap BEN.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)