Pererat Tali Silaturahim, Masyarakat Asal Tapanuli Tengah Sibolga se-Jabodetabek Gelar Halalbihalal

Sabtu, 13 Mei 2023 - 22:30 WIB
loading...
Pererat Tali Silaturahim, Masyarakat Asal Tapanuli Tengah Sibolga se-Jabodetabek Gelar Halalbihalal
Akbar Tandjung didampingi puterinya menyanyikan Aek Sibundong Foto ist
A A A
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Keluarga Besar Masyarakat (Gabema) Tapanuli Tengah -Sibolga menyelenggarakan acara halalbihalal. Acara masih dalam rangka Idulfitri 1444 H yang berlangsung di lobby Gedung Nusantara V Kompleks MPR/DPR/DPD RI Senayan, Sabtu (13/2023) digelar untuk mempererat tali silaturahim warga Tapanuli di tanah rantau.

Halabihalal yang dihadiri warga asal Tapanuli Tengah, Sibolga yang ada di Jabodetabek ini mengangkat 'Teguh dalam Keyakinan dan Akrab dalam Persaudaraan Mewujudkan Tapanuli Tengah- Sibolga yang Maju'.

Ketua Panitia Ali Akil Parlindungan Siregar menyampaikan bahwa lebih dari 500 masyarakat asal Tapanuli Tengah, Sibolga se-Jabodetabek menghadiri halalbihalal. "Halalbihalal sempat tertunda beberapa kali karena pandemi Covid-19," ungkapnya, Sabtu (13/5/2023).

Masriadi Pasaribu selaku Ketua Umum DPP Gabema Tapanuli Tengah, Sibolga dalam sambutannya mengajak perantau untuk memperteguh keyakinan dan mengakrabkan persaudaraan mewujudkan Tapanuli Tengah, Sibolga yang maju.

Dia mengajak warga Tapanuli agar terus memberi kontribusi di bidang pendidikan dan ekonomi, perkuat kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupanten Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga serta pemerintah pusat.

"Untuk pemerintah pusat, kita mendorong pengembangan kawasan pariwisata religi di Barus dan penerbangan kembali maskapai Garuda Indonesia melayani rute Jakarta, Sibolga. Agar wisatawan setelah berkunjung ke Danau Toba juga ke Barus,” tandasnya.

Masriadi juga mengimbau perantau asal daerahnya agar menghindari perselisihan dan pertengkaran karena perbedaan marga, suku, dan agama, serta pilihan politik menjelang pemilihan umum tahun 2024.

Pada kesempatan ini, dia juga memperkenalkan sejumlah calon anggota lembaga legislatif (DPR RI dan DPD RI) kepada hadirin, yaitu Albiner Sitompul dan Ernawaty Tampubolon (keduanya calon anggota DPD RI), serta Fitri Krisnawati Tandjung, Risman Pasaribu, Askif Pasaribu, dan Ricky Saputra (keempatnya calon anggota DPR RI).

Halalbihalal ini dihadiri jajaran Dewan Pertimbangan, Dewan Penasihat, Dewan Pembina, Dewan Pakar, dan Dewan Perwakilan dalam kepengurusan DPP Gabema Tapanuli Tengah, Sibolga. Hadir antara lain Ketua Dewan Pertimbangan DPP Gabema Tapanuli Tengah, Akbar Tandjung beserta anggota seperti Timbo Hutagalung, John B Situmeang, Tahir Ferdian, dan Parasian Simanungkalit).

Ada juga Ketua Dewan Penasihat DPP Gabema Tapanuli Tengah, Albiner Sitompul, Ketua Dewan Pakar DPP Gabema Syukri Batubara, dan Ketua Yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli) Fitri Krisnawati Tandjung, isteri Akbar Tanjung Krisnina Maharani dan anggota DPR RI Masinton Pasaribu.

Di panggung, Akbar Tandjung menyanyikan lagu legendaris berjudul “Aek Sibundong”. Aek Sibundong adalah sungai satu-satunya dari Humbang Hasundutan yang melewati Sorkam sebagai kampung halaman Akbar Tandjung. Sungai ini bermuara ke Samudera Indonesia di pantai Sorkam.

Selama halalbihalal, tersaji kuliner aneka rasa kas Tapanuli, yaitu rendang suir kering, dendeng suir kering, katupek katan, tape, mie gomak, pohul-pohul durian, palei bada, panggang geleng, kue talam ubi/nasi lamak, es tebak, panukkuk, lapek bainti, karupuk balado, kue itak itak, kue talam pandan/jelok, lingi lingi, lapek kue koci, onde onde bacucuk, kue opom kunik, kue sangko, kue sapik, dan kue bongkol.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4568 seconds (0.1#10.140)