SDG Bantu Pembangunan Masjid Ponpes Ponpes Qudussalam Tapanuli Tengah

Jum'at, 14 April 2023 - 08:46 WIB
loading...
SDG Bantu Pembangunan Masjid Ponpes Ponpes Qudussalam Tapanuli Tengah
Relawan SDG Sumut memberikan bantuan material semen untuk Ponpes Qudussalam Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (13/4/2023). Bantuan tersebut untuk pembangunan masjid ponpes. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
TAPANULI TENGAH - Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Sumut memberikan bantuan material semen untuk Ponpes Qudussalam Sorkam, Kabupaten Tapanuli Tengah. Bantuan tersebut untuk pembangunan masjid ponpes.

"Harapannya semoga pimpinan yayasan ini merasa terbantu dan bisa memanfaatkan bantuan ini," kata Korda SDG Tapanuli Tengah Bidin Wahyudi, Ponpes Qudussalam, Desa Binasi, Kecamatan Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kamis (13/4/2023).

Sebelum memberikan bantuannya, relawan SDG telah berkunjung ke Ponpes Qudussalam Sorkam. Dalam silaturahminya tersebut, relawan telah menyurvei terkait kebutuhan apa saja yang diperlukan ponpes.

Beberapa relawan SDG Sumut juga merupakan lulusan ponpes tersebut. Dengan demikian silaturahmi antara pihak ponpes dan relawan terjalin dengan kuat untuk saling membantu.

"Dari sana kami beranjak untuk melihat situasi di Ponpes Qudussalam Sorkam. Melihat kurangnya sebuah fasilitas yang sangat diperlukan, yaitu masjid," ucapnya.

Bantuan itu diharapkan bisa mengembangkan kualitas Ponpes Qudussalam Sorkam. Sekaligus membuat para santri lebih nyaman untuk beribadah.

Menurut Bidin, selama ini para santri melaksanakan salat jemaah di ruangan ala kadarnya, seperti ruangan kelas. Tidak ada tempat khusus bagi mereka untuk melaksanakan salat berjamaah.

Selain material untuk pembangunan musala, para relawan juga turut menyerahkan bantuan puluhan kursi. Kursi-kursi tersebut nantinya akan diletakkan di ruang kelas untuk para santri belajar.

Dia menegaskan pemberian bantuan yang dilakukan relawan SDG Sumut terinspirasi dari aksi sosial relawan SDG lainnya di berbagai daerah di Indonesia. Relawan SDG Sumut juga menggelar doa bersama dan khataman Al-Qur’an menjelang waktu berbuka puasa.

Bidin menyebut kegiatan relawan SDG akan terus berlanjut. Dia merencanakan akan memberikan bantuan untuk ponpes-ponpes yang berada di pelosok daerah.

Relawan ini akan menyesuaikan bantuan yang mereka berikan ke para penerima manfaat. "Rencananya tim SDG akan melaksanakan survei, melihat situasi yang mudah-mudahan kita bisa memberikan bantuan untuk pesantren tersebut," tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2091 seconds (0.1#10.140)