Nelayan Pesisir Edukasi Budi Daya Rumput Laut di Pesisir Barat

Sabtu, 13 Mei 2023 - 20:29 WIB
loading...
Nelayan Pesisir Edukasi Budi Daya Rumput Laut di Pesisir Barat
Komunitas Nelayan Pesisir Lampung menggelar edukasi budi daya rumput laut kepada para pelaut di Kabupaten Pesisir Barat, Sabtu (13/5/2023). Kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PESISIR BARAT - Komunitas Nelayan Pesisir Lampung menggelar edukasi budi daya rumput laut kepada para pelaut di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Kegiatan tersebut mendapatkan respons positif dari masyarakat.

Selama ini belum banyak di antara mereka yang mengetahui nilai ekonomis dari rumput laut. “Padahal rumput laut ini adalah komoditas yang bisa kita manfaatkan,” kata Korwil Komunitas Nelayan Pesisir Lampung Miftahul Lutvi di Desa Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Sabtu (13/5/2023).

Menurut Miftahul, sumber daya alam setempat sangat mendukung pertumbuhan rumput laut di habitat alaminya. Yakni terumbu karang yang ada di sepanjang pesisir pantai.

“Maka dari itu, kami berinisiatif dari Komunitas Nelayan Pesisir Lampung melakukan edukasi karena banyak sekali (potensi) komoditas yang ada di sini. Bukan hanya dari sektor ikannya saja,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu, Lutvi mengajak para nelayan berdiskusi mengenai pemanfaatan rumput laut liar untuk menambah penghasilan mereka. Rumput laut kering bisa dijual ke pengepul Rp1.500 per kilogram untuk dijadikan bahan baku serbuk agar-agar hingga kosmetik.

Nilai ekonomis rumput laut itu bisa lebih tinggi apabila masyarakat bisa langsung mengolahnya menjadi produk jadi seperti makanan atau minuman. “Alhamdulillah, masyarakat sangat welcome dengan kegiatan kita kali ini. Kami lihat sendiri mereka sangat antusias,” tandasnya.

Selain itu, Lutvi juga mendapatkan saran dari masyarakat agar kegiatan serupa digelar secara berkelanjutan ke depannya. Terakhir, para relawan pun menyosialisasikan sosok Ganjar sebagai capres 2024 kepada para peserta maupun masyarakat di sekitar lokasi.

“Harapannya untuk Pak Ganjar sendiri semoga selalu konsisten dalam hal program kerjanya maupun dalam hal pemberdayaan masyarakat. Kemudian, semoga Pak Ganjar terpilih sebagai Presiden 2024 nanti,” tutur Lutvi.

Dalam kegiatan itu, para nelayan juga mendapatkan bantuan berupa keranjang untuk membantu operasional mereka saat menangkap ikan. Basrin Rosyid, salah seorang warga Desa Marang berterima kasih atas kegiatan ini. Dia juga mendoakan Ganjar Pranowo menang di Pilpres 2024.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3918 seconds (0.1#10.140)