Dramatis! Detik-detik KM Artha Mina Sentosa Tenggelam di Perairan Utara Banyuwangi

Jum'at, 12 Mei 2023 - 15:56 WIB
loading...
Dramatis! Detik-detik KM Artha Mina Sentosa Tenggelam di Perairan Utara Banyuwangi
KM Artha Mina Sentosa tenggelam di perairan utara Banyuwangi. Foto/Dok. ABK KM Bersama Natuna I
A A A
BANYUWANGI - Kapal Motor (KM) Artha Mina Sentosa, tenggelam di perairan utara Banyuwangi, akibat mengalami kebocoran. Saat kejadian melintas KM Bersama Natuna I menuju perairan Probolinggo, dan langsung melakukan upaya penyelamatan.



Lima Anak Buah Kapal (ABK) KM Artha Mina Sentosa berhasil diselamatkan oleh ABK KM Bersama Natuna I. Para ABK tersebut langsung dievakuasi ke Dermaga UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo.



Anggota Pos Kamladu TNI AL Mayangan, Lanal Banyuwangi, Kopda Yasien Latif menyebutkan, lima ABK KM Artha Mina sentosa yang berhasil diselamatkan oleh ABK KM Bersama Natuna I, adalah Tamsi, Iwan Gunawan, Edi Hartono, Nano, dan Neng Yuliana.



Sementara tiga ABK lagi ditemukan KM Putra Utama Sakti, dan dibawa ke perairan Madura, yakni Arishart Albert S., Oktafianus Rani, dan Kristian Babi. Sementara empat ABK belum ditemukan, yakni Ramdan Darmawan, Riski, Lani Asso, dan Bob.

ABK KM Bersama Natuna I yang kapalnya melintas di perairan utara Banyuwangi, untuk melakukan perjalanan pulang ke Probolinggo, melihat adanya kapal tenggelam dan melapor ke nahkoda untuk memberikan bantuan.

Saat mencoba mendekati kapal yang tenggelam, para ABK KM Bersama Natuna I, menemukan sejumlah orang terombang-ambing di tengah laut menggunakan rakit. Ada lima orang yang berhasil dievakuasi dari rakit tersebut, yakni empat laki-laki dan satu perempuan yang kondisinya sudah lemas.



Saat ditemukan, para korban dalam kondisi trauma berat, sehingga langsung diangkut KM Bersama Natuna I menuju ke Probolinggo. Lima korban kapal tenggelam tersebut, dievakuasi ke Pos Kamladu Mayangan Kota Probolinggo, sambil menunggu keluarganya.

Dari keterangan nahkoda KM Artha Mina Sentosa, Tamsi, jumlah penumpang mencapai 12 orang. Tujuh di antaranya sempat meloncat ke laut saat kapal mulai mengalami kebocoran, dengan menggunakan pelampung lampu jaring. Sementara lima lainnya, tetap bertahan di atas kapal.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2190 seconds (0.1#10.140)