Teka-teki Hilangnya Pesantren Sunan Bonang Secara Misterius

Senin, 08 Mei 2023 - 05:43 WIB
loading...
Teka-teki Hilangnya Pesantren Sunan Bonang Secara Misterius
Teka-teki hilangnya pesantren Sunan Bonang secara misterius. Foto/Dok.Okezone
A A A
Perjalanan Sunan Bonang, untuk pulang ke Tuban, terhenti di Desa Bonang, Lasem. Langkahnya terhenti, setelah menyaksikan kondisi masyarakat yang memprihatinkan, karena didera kemiskinan dan kekurangan sumber air.



Dalam Babad Tanah Jawi disebutkan, Sunan Bonang hendak pulang ke Tuban, yang merupakan tanah kelahirannya. Hal ini dilakukannya, setelah menyatakan pengunduran diri dari kedudukannya di Masjid Demak.



Perjalanan pulang itu dilakukan Sunan Bonang, dengan berjalan menyisir pantai utara Jawa, ke arah timur. Setelah tiba di Desa Bonang, niatan pulang ke Tuban akhirnya dibatalkannya. Sunan Bonang ingin meringankan beban masyarakat di desa tersebut.



Sunan Bonang tak hanya cakap dalam hal agama, dia juga memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk mengetahui tanda-tanda tanah yang mengandung sumber air. Dalam beberapa hari saja, beberapa sumur digali di Bonang.

Air mengalir dari sumur-sumur yang digali Sunan Bonang, hingga penduduk di desa tersebut tidak lagi kekurangan sumber air. "Sumur buatan Sunan Bonang masih dapat ditemui sampai sekarang," ujar penggiat sejarah Lasem, Abdullah Hamid

Sejak itu, Sunan Bonang memutuskan untuk tinggal di Bonang, dan mendirikan pesujudan di Watu Layar. Kabar bahwa Sunan Bonang mendirikan pesujudan terdengar di seluruh pulau Jawa. Murid-muridnya segera berdatangan.

Kemudian dibangun sebuah pedepokan yang dilengkapi pentas pertunjukan wayang. Pedepokan ini berfungsi sebagai pesantren. Selain berkebun dan bertani, Sunan Bonang dan santri-santrinya mengembangkan usaha kerajinan dan pertukangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0995 seconds (0.1#10.140)