alexametrics

Poso Gelar Festival Gerhana Matahari Total

loading...
Poso Gelar Festival Gerhana Matahari Total
Kabupaten Poso Sulawesi Tengah memulai Festival Kawaninya atau Gerhana Matahari Total (GMT) yang dibuka secara resmi Bupati Poso Darmin Sigilipu. (Ilustrasi/Okezone)
A+ A-
POSO - Kabupaten Poso Sulawesi Tengah memulai Festival Kawaninya atau Gerhana Matahari Total (GMT) yang dibuka secara resmi Bupati Poso Darmin Sigilipu. Pembukaan festival diwarnai dengan tarian adat Kawaninya untuk menyambut GMT pada 9 Maret 2016 besok yang melibatkan 100 penari dari tingkat sekolah dasar hingga SMA yang ada di Poso Pesisir Utara.

Kegiatan ini disiapkan Pemerintah Kabupaten Poso bekerja sama dengan institut Mosintuwu Tentena, Observatory Boscha Institut Teknologi Bandung.

Dalam Festival Kawaninya itu para peserta akan membunyikan berbagai alat yang ada yang disebut dengan Tradisi Padengko.

Dalam kepercayaan lama nenek moyang warga Poso dengan memukul kentongan dan sebagainya akan menyelamatkan matahari yang hendak dimakan oleh sejenis raksasa.

Festival Kawaninya di Poso dipusatkan di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara.

Pembukaan Festival Kawaninya itu turut dimeriahkan dengan tarian massal Kawaninya yang digelar di Lapangan Desa Kalora.

Pementasan tarian massal ini terpantau mendapatkan antusias yang tinggi dari warga masyarakat termasuk para wisatawan dari luar negeri yang sudah mulai mendatangi lokasi Desa Kalora untuk menyaksikan GMT pada esok hari.

Bupati Poso, Darmin Sigilipu berharap kegiatan Festival Kawaninya dalam rangka menyambut GMT itu dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke wilayah Kabupaten Poso yang disebutkannya memiliki kekayaan keindahan alam dan wisata kuliner.

GMT di Poso Sulawesi Tengah memiliki waktu terlama dibandingkan daerah lainnya di Indonesia.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak