Tingkatkan Pendapatan, Petani di Karawang Belajar Budi Daya Jamur

Minggu, 07 Mei 2023 - 19:11 WIB
loading...
Tingkatkan Pendapatan, Petani di Karawang Belajar Budi Daya Jamur
Relawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan budi daya jamur di di Dusun Peundeuy, Desa Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Sabtu (6/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
KARAWANG - Relawan Ganjar Sejati menggelar pelatihan budi daya jamur di Kabupaten Karawang. Dari penyuluhan ini, diharapkan kesejahteraan para petani bisa meningkat.

Korda Ganjar Sejati Subang dan Karawang Endang Koswara mengatakan, pihaknya mengajak warga yang mayoritas petani padi membudidayakan jamur pangan dari jerami. Banyak warga tidak tahu bagaimana memanfaatkan limbah jerami agar bernilai ekonomis.

"Masyarakat di sini belum mengetahuinya. Karena itu, kami dari sukarelawan Ganjar Sejati ingin mengedukasi masyarakat agar limbah batang padi yang terbuang bisa bermanfaat dan menghasilkan uang," katanya di Dusun Peundeuy, Desa Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Sabtu (6/5/2023).

Dari penyuluhan ini, relawan Ganjar Sejati berharap kesejahteraan para petani di Karawang bisa meningkat.
"Mudah mudahan, perekonomian masyarakat Kabupaten Karawang bisa naik. Kami juga berharap bisa mendongkrak perekonomian. Ganjar Sejati bisa ikut mendorong dan membantu dari segi pemasaran dari produk jamur yang akan dibudidayakan," ucapnya.

Endang menambahkan para peserta yang hadir antusias karena mendapat banyak pengetahuan dan wawasan baru guna menaikkan pendapatan mereka sebagai petani. "Kami juga mengadakan halalbihalal serta santunan kepada kaum duafa dan anak yatim," katanya.

Budiarna, 60, salah seorang peserta menyambut positif dan antusias mengikuti penyuluhan budi daya tersebut. Menurut dia, jerami untuk media jamur pangan ini sangat mudah ditemui di tempatnya.

"Bagus sekali untuk masyarakat di sini. Apalagi, ada beberapa petani jagung yang gagal panen. Tadi saya simak bahan baku budi daya ini juga lebih bagus dan praktis. Biaya juga lebih irit," ungkapnya.

Dia mengungkapkan ketertarikannya untuk membudidayakan jamur pangan. Dia juga berharap agar ke depannya dibantu pemasaran.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)