Milenial di Landak Berlatih Penanaman Sistem Hidroponik

Jum'at, 05 Mei 2023 - 20:31 WIB
loading...
Milenial di Landak Berlatih Penanaman Sistem Hidroponik
GMC Kalbar menggelar pelatihan penanaman dengan teknik hidroponik di Desa Sungai Segak, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak, Jumat (5/5/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LANDAK - Relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Kalimantan Barat menggelar pelatihan penanaman dengan teknik hidroponik di Kabupaten Landak. Tujuan memberdayakan para pemuda dan pemudi agar bisa memberikan manfaat ke lingkungan sekitar.

Dalam kegiatan bertema Pelatihan Petani Milenial ini, GMC menggandeng Himpunan Mahasiswa Agraria (Himagri) UNU Kalbar dan Gerakan Pemuda Sui Segak Ika Ta'lim Tanjung Pandan. "Kami menggelar pelatihan petani milenial. Ada praktik penanaman simpel hidroponik,” kata Korwil GMC Kalbar Nuryahdi di Desa Sungai Segak, Kecamatan Sebangki, Kabupaten Landak, Jumat (5/5/2023).

Menurut Nuryahdi, para milenial mulai bisa perlahan meninggalkan cara konvensional seperti bertani di sawah dengan beralih ke teknik hidroponik. Dengan adanya pelatihan tersebut, pengetahuan dan wawasan pemuda tentang hidroponik juga bertambah.

"Selama ini, cara lama digunakan untuk bertani itu di sawah. Dengan adanya pelatihan ini, wawasan dan ilmu para pemuda di sini bertambah tentang cara menanam hidroponik yang sederhana barang bekas di sekitar kita seperti styrofoam dan lain-lain," ujarnya.

Nuryahdi menuturkan pemuda di Desa Sungai Segak menjadikan pelatihan ini sebagai kegiatan yang bisa bermanfaat bagi mereka dan lingkungannya. "Supaya mereka mempunyai kegiatan yang bisa bermanfaat untuk masyarakat, khususnya pemuda di sini," tandasnya.

Nuryahdi berharap para peserta pelatihan ini bisa langsung menerapkan penanaman dengan teknik hidroponik di lingkungan masing-masing. Dia juga meminta pemuda di desa tersebut ikut mengajar para milenial di desa lain agar bisa menanam dengan teknik hidroponik.

"Harapannya ke depan dengan kegiatan ini GMC Kalbar bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat selain menyosialisasikan Ayah Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Saya berharap pemuda-pemuda di sini bisa bersentuhan dengan masyarakat. Ada banyak manfaat yang diambil dan disebarluaskan kepada para pemuda di desa ini," ujarnya.

Kegiatan ini terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo dalam menghelat kegiatan ini. "Tentu kami ikut peduli karena Ayah Ganjar Pranowo juga cinta terhadap masyarakat yang bertani," jelasnya.

Perwakilan Gerakan Pemuda Desa Sungai Segak Wakil Tanjung mengatakan para milenial di Desa Sungai Segak memiliki potensi untuk semakin berkembang, khususnya di bidang pertanian. Karena itu, mereka bersama GMC bekerja sama untuk mengadakan kegiatan tersebut.

"Kami melihat ada potensi pemuda-pemudi di sini, tapi mereka sangat sulit mendapatkan edukasi. Nah, kami bekerja sama dengan GMC untuk adakan pelatihan ini," ujarnya.

Maryatik, 16, salah seorang peserta pelatihan petani milenial, sangat antusias mengikuti jalannya pelatihan ini. Dia menilai pelatihan tersebut sangat bermanfaat baginya dan mudah dipelajari.

Maryatik dan peserta lainnya akan mencoba mempraktikkan hidroponik di lingkungan tempat tinggal mereka. "Pasti mencoba ini di lingkungan kami karena bagus sekali jika diterapkan di desa kami," tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.9996 seconds (0.1#10.140)