Salah Ambil Jalur Pelayaran Diduga Penyebab Kapal Tanker Endrico 3 Terdampar di Garut

Rabu, 09 Maret 2022 - 11:27 WIB
loading...
Salah Ambil Jalur Pelayaran Diduga Penyebab Kapal Tanker Endrico 3 Terdampar di Garut
Kapal tanker terdampar diduga karena salah mengambil jalur pelayaran di Pantai Sancang Garut.Foto/ist
A A A
GARUT - Sebuah kapal tanker terdampar di Pantai Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Selasa (8/3/2022) malam. Diduga kuat, kapal yang bertuliskan Endrico 3 itu terdampar karena salah mengambil jalur pelayaran.

“Kapal ini diketahui berasal dari perusahaan Makasar, Sibolga, Sumatera Utara. Tadi malam sekitar pukul 19.30 WIB terdampar di perairan Pantai Selatan Garut, wilayah Sancang, Kecamatan CIbalong,” kata Kapolsek Cibalog, AKP Saef Balya, saat dihubungi Rabu (9/3/2022).

baca juga: Kapal Tanker Terdampar di Pantai Pameungpeuk, SAR Kirim Tim Rescue

Saef menjelaskan, kondisi air pasang membuat pihaknya sempat tidak bisa berkomunikasi dengan para ABK saat kapal tersebut terdampar. “Baru tadi setelah air laut surut, kami bisa berkomunikasi dengan kapten kapal,” ujarnya.

Dari keterangan kapten kapal, tambah dia, mereka berangkat dari Sibolga menuju Cilacap untuk mengambil aspal. Dari komunikasi itu pun diketahui kapal tersebut mengangkut 15 orang awak.

“Sudah disuruh turun, tapi mereka memilih untuk bertahan di dalam kapal dengan alasan menunggu perintah dari perusahaan. Katanya menunggu jemputan kapal boat hari ini sampai nanti malam. Bila tidak ada jemputan juga, baru mereka akan turun dari kapal,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Analis Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, menjelaskan, sebelum terdampar kapal terlihat melaju terlalu dekat dengan garis pantai.

Baca juga: Guru SMP di Purbalingga Setubuhi 7 Murid Sambil Nonton Film Kartun Porno

“Berdasarkan keterangan saksi di daratan, kapal terlihat berlayar terlalu dekat dengan garis pantai. Pada pukul 22.00 WIB kapal ini mengirimkan sinyal emergency. Baru pada 22.30 WIB tim mendekat ke lokasi,” kata Joshua.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, tambah Joshua, tim SAR dan aparat dari instansi terkait bersiaga di kawasan tersebut.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)