Bazar Ramadan Sukses Edukasi Masyarakat Soal Kemasan Baru dan HET Minyakita

Senin, 01 Mei 2023 - 00:05 WIB
loading...
Bazar Ramadan Sukses Edukasi Masyarakat Soal Kemasan Baru dan HET Minyakita
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau pelaksanan Bazar Ramadan yang ditujukan untuk masyarakat sekitar agar bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok
A A A
SURABAYA - Produsen minyak goreng dan salah satu pengolah minyak nabati, Apical Group, memberi edukasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) Minyakita Rp14.000/liter ke masyarakat. Edukasi ini dikemas dalam kegiatan bazar di berbagai lokasi di Indonesia.

Diketahui, pemerintah melalui Kementerian Perdagangan meluncurkan program Minyak Goreng Kemasan Rakyat (MGKR) dengan merek Minyakita yang melibatkan para pelaku usaha, termasuk di antaranya Apical.

Kebijakan tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 41 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat MGKR yang berlaku mulai 8 Juli 2022 lalu.

Kegiatan bazar dan edukasi HET yang digelar oleh Apical ini juga dilakukan untuk menyikapi melonjaknya harga Minyakita yang melampaui HET, yang telah terjadi di sejumlah daerah, terutama selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Baca juga: Operasi Ketupat Semeru Polres Ngawi Diapresiasi Tokoh Masyarakat

Menurut Head of Industry & Government Relations Apical Group, Manumpak Manurung, dalam keterangan tertulis Minggu (30/4/2023), melalui kegiatan ini berupaya mendukung pemerintah dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat.

“Di sini kami juga ingin kembali menginformasikan bahwa masyarakat yang menemukan Minyakita yang diproduksi oleh Apical yang harganya di atas HET dapat melapor melalui Apical melalui minyakita@apicalgroup.com, dengan menyertakan lokasi penjualan Minyakita yang tidak sesuai HET sehingga dapat kami laporkan dan dapat ditindaklanjuti oleh pihak regulator,” paparnya.

Dalam penyelenggaran bazar selama bulan Ramadan dan edukasi HET ini, Apical berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan Pemerintah.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan selama Ramadan juga telah meninjau pelaksanan Bazar Ramadan yang ditujukan untuk masyarakat sekitar agar bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok (bapok) selama puasa dan menjelang Lebaran.

"Alhamdulillah, melalui bazar yang digelar selama bulan Ramadan, ibu-ibu bisa memperoleh kebutuhan bapok untuk lebaran seperti tepung, gula, beras, minyak goreng dengan harga sesuai yang ditetapkan Pemerintah. Kalau mau Lebaran biasanya harganya naik. Dengan Bazar Ramadan yang dilakukan, mudah-mudahan kenaikan bisa ditahan tidak terlalu tinggi,” kata Zulkifli.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)