Pererat Silaturahmi, Warga Limau Manis Jambi Tutup Idulfitri dengan Tradisi Silat Gelanggang

Sabtu, 29 April 2023 - 10:35 WIB
loading...
Pererat Silaturahmi, Warga Limau Manis Jambi Tutup Idulfitri dengan Tradisi Silat Gelanggang
Warga Desa Rantau Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi memiliki tradisi unik untuk menutup acara hari raya Idulfitri. Tradisi ini untuk mempererat silaturahim Foto SINDOnews
A A A
MERANGIN - Warga Desa Rantau Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi memiliki tradisi unik untuk menutup acara hari raya Idulfitri. Untuk mempererat silaturahmi, Idulfitri 1444 H kali ini juga mereka menghelat tradisi Silat Gelanggang.



Jika telah dilakukan Silat Gelanggang, itu artinya pertanda jika hari raya sudah berakhir dan masyarakat setempat pun akan kembali dengan kegiatan sebelumnya.

Sebelumnya pemerintah Desa Rantau Limau Manis membuat berbagai acara seperti pancu perahu, panjat pinang dan acara anak-anak lainnya sebagai bentuk untuk memeriahkan hari raya Idulfitri.

Asnawi Kepada Desa Rantau Limau Manis mengatakan, kegiatan ini selalu turun temurun hingga sudah menjadi tradisi. "Acara penutupan hari raya Idulfitri bisa kita lakukan dengan meriah tahun ini. Ketua lembaga adat dan tokoh-tokoh masyarakat pun tak ketinggalan hadir," ungkap Kades Asnawi Jumat (28/4/2023).

Kades Juga menjelaskan, acara tersebut itu dilakukan setiap tahun, dengan bermacam-macam acara. "Memang luar biasa acara tahun ini begitu banyak kegiatan untuk penutup hari raya Idulfitri. Berbagai acara dan kegiatan ini lalu ditutup dengan acara Silat Gelanggang. Yakni silat yang bertujuan untuk melekatkan silaturahmi," ujar Asnawi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2742 seconds (0.1#10.140)