Pergerakan Kendaraan di Malang Naik 2 Kali Lipat Selama Libur Lebaran

Jum'at, 28 April 2023 - 11:50 WIB
loading...
Pergerakan Kendaraan di Malang Naik 2 Kali Lipat Selama Libur Lebaran
Pergerakan kendaraan pemudik di Malang dua kali lipat selama libur lebaran 2023.Foto/dok
A A A
MALANG - Arus lalu lintas (lalin) kendaraan yang melalui Kabupaten Malang meningkat drastis selama masa arus mudik dan balik pada libur lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 2023 ini. Jumlah kenaikan arus kendaraan bahkan mencapai dua kali lipatnya dibanding arus lalin di hari-hari biasanya.

Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung mengakui puncak kepadatan lalu lintas di wilayah Kabupaten Malang terjadi pada Minggu (23/4/2023) dan Senin (24/4/2023) lalu. Saat itu dari data yang masuk setidaknya ada 20.300 kendaraan yang melalui Kabupaten Malang.

"Yang paling memuncak di hari Minggu ada 20.300 kendaraan selama dua hari. Di Malang kemarin di H+ kemarin memuncak di hari Minggu dan Senin," ucap Agnis Juwita Manurung ditemui wartawan di Mapolres, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: Polda Jatim Siapkan 127 Bus Gratis untuk Arus Balik

Kepadatan lalu lintas yang terpantau pihaknya berada di wilayah Karanglo hingga Karangploso, yang menjadi jalur menuju Kota Wisata Batu, serta jalur antara Malang - Blitar. Dimana jalur ini menjadi jalur utama bagi masyarakat dari Malang menuju daerah-daerah di selatan Jawa Timur seperti Blitar, Tulungagung, Trenggalek, hingga Pacitan.

"Jadi kita normal 9 - 10 ribu per harinya. Jauh di sebelum hari-hari dalam operasi ketupat ini. Tapi ini kemarin memuncak, itu wajar karena kita punya Kota Wisata Batu yang dilalui wilayah Malang kabupaten," tuturnya.

Namun kepadatan lalin ini diklaim Agnis bisa terurai dengan mengerahkan seluruh personel Satlantas Polres Malang dan melakukan rekayasa arus lalin di titik-titik yang terjadi kepadatan, di antaranya pada jalur Malang - Blitar dan jalur Malang melalui Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang menuju Kota Batu.

"Pantauan titik kemacetan kita konsentrasi yang arah Blitar, Malang - Blitar, Malang - Batu juga kita mendapat konsentrasi di wilayah pantai Malang selatan. Jadi itu ada juga titik titiknya kita berikan intervensi di sana, kita berikan personel, juga rekayasa yang tidak menyulitkan, namun malah bermanfaat kepada masyarakat pengguna jalan," paparnya.

Meski demikian, arus lalu lintas ini mulai mengalami penurunan sejak kemarin. Pergerakan masyarakat hanya didominasi masyarakat sekitar, sedangkan para pemudik telah mulai meninggalkan Kabupaten Malang. Namun ia tetap memprediksi ada kenaikan kembali ketika akhir pekan disertai libur panjang Hari Buruh 1 Mei mendatang.

"Kebanyakan penduduk lokal. Dan kendaraan dari plat - plat luar kemarin semakin berkurang, tapi tetap ramai. Jadi ini kita perkiraan masih ada weekend lagi, hari libur yang digunakan oleh anak-anak lagi, digunakan bersama wisatawan yang menuju Batu, pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggunya nanti arus pulangnya," pungkasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)