Arus Balik Padat, Rest Area di Tol Cikampek Terapkan Aturan Buka Tutup

Kamis, 27 April 2023 - 08:57 WIB
loading...
Arus Balik Padat, Rest Area di Tol Cikampek Terapkan Aturan Buka Tutup
Salah satu rest area yang menjadi tempat istirahat pemudik Foto SINDOnews
A A A
KARAWANG - Polres Karawang melakukan buka tutup rest area di tol Cikampek menyusul meningkatnya volume kendaraan arus balik lebaran. Polisi mengarahkan kendaraan yang akan masuk rest area agar berjalan kembali dan masuk rest area selanjutnya.

Pengendaran yang sudah masuk rest area juga dibatasi waktunya paling lama 30 menit. Berdasarkan pantauan di KM 62 tol Cikampek kepadatan lalu lintas arus balik membuat rest area menjadi penuh.

Antrean panjang terlihat pengendara ingin masuk rest area. Hanya saja polisi kemudian mengarahkan pengendara untuk melanjutkan perjalanan mencari rest area selanjutnya.

Namun ada beberapa pengendara memaksa masuk meski harus antre karena ingin ke toilet. Bahkan mereka berhenti di bahu jalan, namun kemudian diusir petugas.

Kasatlantas Polres Karawang, AKP La Ode Habibie Ade Jama mengatakan kapasitas rest area sangat terbatas, apalagi saat mudik. Polisi harus mengatur lalu lintas agar nyaman dan lancar.

"Salah satunya ya kami membatask kendaraan yang masuk rest area sesuai kapasitas. Kalau sudah overload kami tutup dan dibuka lagi kalau sudah kosong," kata La Ode, Rabu (26/4/23).

Menurut La Ode, penerapan buka tutup rest area bersifat situasional. Jika kendaraan sudah normal tidak diberlakukan lagi.

"Kalau musim mudik memang rest area pasti padat. Kalau tidak diatur mereka berhenti sembarangan di bahu jalan. Makanya kami arahkan agar mencari rest area selanjutnya," katanya.

Seperti Rest Area KM 62 memiliki kapasitas 700 kendaraan. Namun kendaraan yang akan masuk mencapai ribuan sehingga harus ditutup. Selain itu kendaraan yang masuk rest area paling lama istirahat selama 30 menit.

"Kami terus melakukan himbauan kepada pengendara istirahat selama 30.menit setelah itu agar kelluar rest area untuk melanjutkan perjalanan," katanya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0290 seconds (0.1#10.140)