Belasan Eks Gafatar asal Kota Bandung Tak Punya Rumah

Senin, 01 Februari 2016 - 13:42 WIB
Belasan Eks Gafatar asal Kota Bandung Tak Punya Rumah
Belasan Eks Gafatar asal Kota Bandung Tak Punya Rumah
A A A
BANDUNG - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bandung sudah menjemput para eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang sebelumnya ditampung oleh Dinsos Jawa Barat di Kota Cimahi.

Mereka kemudian dibawa ke rumah singgah milik Dinsos Kota Bandung di Jalan Sukamulya untuk ditampung sementara.

"Khusus untuk Kota Bandung, ada 15 orang saudara-saudara kita eks Gafatar yang sekarang ini sedang kita upayakan untuk kita kembalikan kepada keluarganya," kata Sekretaris Dinsos Kota Bandung, Medi Mahendra, saat dikonfirmasi, Senin (1/2/2016).

Belakangan, diketahui ada satu orang yang dijemput oleh keluarganya. Selain itu, ada satu orang yang akan pergi dalam waktu dekat dan mencari kontrakan.

Tapi sisanya masih kebingungan karena sudah tidak punya rumah dan pekerjaan di Kota Bandung. Sehingga mereka memilih tinggal sementara di rumah singgah.

"Oleh karena itu Pemkot Bandung, dalam hal ini Dinsos, sedang berupaya melakukan sinergitas dengan beberapa stakeholder terutama untuk bisa menangani pascapenampungan di rumah tinggal sementara ini," ungkapnya.

Ia belum bisa memastikan berapa lama para eks Gafatar akan ditampung di sana. Yang jelas saat mereka sudah siap mandiri dan pulang ke daerah asalnya, mereka akan dipulangkan.

"Itu tergantung sejauh mana mereka memiliki kesiapan untuk segera mandiri kembali," jelas Medi.

Ia menambahkan, para eks Gafatar itu rencananya akan dibekali keterampilan usaha. Ia pun sedang mengupayakan agar ada bantuan modal dari para stakeholder terkait agar mereka bisa kembali memulai usaha.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4408 seconds (0.1#10.140)