Puncak Arus Balik, 50.000 Kendaraan Pemudik Melintasi Pantura Cirebon ke Arah Jakarta

Rabu, 26 April 2023 - 06:45 WIB
loading...
Puncak Arus Balik, 50.000 Kendaraan Pemudik Melintasi Pantura Cirebon ke Arah Jakarta
Kendaraan roda dua pemudik dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta memadati jalur Pantura Cirebon saat puncak arus balik pascalibur Hari Raya Idulfitri, Selasa malam (25/4/2023). Foto/MPI/Abdul Rohman
A A A
CIREBON - Puncak arus balik pascalibur Hari Raya Idulfitri, pemudik yang didominasi roda dua dari arah Jawa menuju Jakarta memadati jalan arteri Pantura Kota Cirebon. Arus balik pemudik terus mengalami peningkatan.

Pantauan MNC Portal Indonesia (MPI) di jalur arteri Pantura Cirebon, terlihat ribuan pemudik dengan menggunakan sepeda motor sejak pagi hingga Selasa malam melintas.


Volume kendaraan pemudik di jalur arteri pantura jalan pemuda Kota Cirebon, terlihat sesekali mengalami penumpukan.

Sehingga petugas harus melakukan pengaturan guna mengurai penumpukan kendaraan. Bahkan sesekali petugas melakukan rekayasa buka tutup arus lalu-lintas bagi masyarakat lokal Cirebon yang hendak pulang ke rumahnya masing-masing.

"Hari ini merupakan arus balik gelombang pertama, sehingga mengalami kepadatan kendaraan di jalur arteri pantura Kota Cirebon," kata Kapospam Pemuda Kota Cirebon, Rudiana dikutip Rabu (26/4/2023)

Kepadatan arus kendaraan ini, lanjut Rudiana, dikarenakan banyaknya arus kendaraan masyarakat lokal Cirebon yang hilir mudik di jalur Pantura. Sehingga ia dan petugas lain, melakukan rekayasa buka tutup simpang empat untuk mengurai kepadatan.


"Sesekali kita lakukan rekayasa arus lalu-lintas bagi masyarakat lokal Cirebon, guna mengurai kemacetan dari dua arah. Baik dari Jakarta menuju Jawa, begitupun sebaliknya dari Jawa menuju Jakarta," katanya.

Ia juga menyebutkan, volume arus kendaraan pemudik roda dua, sejak pagi hingga selama malam tercatat sebanyak 50.000 kendaraan pemudik yang melintasi jalur arteri pantura Cirebon

"Diperkirakan kendaraan pemudik yang melintasi pantura Kota Cirebon, tercatat sebanyak 50 kendaraan pemudik yang melaju dari Jawa menuju Jakarta, "katanya.

Sementara itu, lanjut Rudiana, saat ini merupakan puncak arus balik gelombang pertama. Pasalnya rabu pagi merupakan hari pertama masuk kerja bagi pegawai kantoran.

"Hari ini puncak arus balik gelombang pertama, mudah-mudahan sekarang dan seterusnya arus balik berjalan lancar dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2941 seconds (0.1#10.140)