Penampakan Tanjakan Ekstrem Lingkar Gentong Macet Dipadati Pemudik

Senin, 24 April 2023 - 15:48 WIB
loading...
Penampakan Tanjakan Ekstrem Lingkar Gentong Macet Dipadati Pemudik
Arus lalu lintas di tanjakan ekstrim jalur Lingkar Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat macet pada Senin (24/4/2023) siang. Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
TASIKMALAYA - Kemacetan arus lalu lintas dari arah Kota Tasikmalaya menuju Nagreg atau arah Bandung, Jawa Barat sudah mengular hingga tanjakan curam jalur Lingkar Gentong pada Senin (24/4/2023) siang.

Akibat kemacetan di tanjakan curam tersebut sejumlah kendaraan pemudik terpaksa harus mengerem dengan menggunakan rem tangan serta setengah kopling dalam kondisi stop and go.


Pantauan MPI di lokasi, sejumlah kendaraan mobil yang sudah berusia cukup tua tampak kesulitan saat menanjak ke arah atas Pos Polisi Terpadu Lingkar Gentong untuk ke arah Nagreg.

Bahkan tak jarang sejumlah kendaraan mobil saling bertabrakan karena posisi kendaraan di depannya tiba-tiba mundur dalam jarak panjang saat hendak menggas kendaraan dari posisi rem tangan menuju gigi satu.

Salah satunya yakni bagian depan bemper mobil Toyota Calya F 1334 QS yang ditabrak karena kendaraan minibus Toyota Avanza D 1732 XHD mundur secara mendadak.

Sejumlah petugas kepolisian yang kebetulan melintas kemudian langsung melakukan mediasi antar kedua pemilik kendaraan dengan menepikan kendaraan mereka di warung tanjakan Gentong.


Tak hanya kendaraan mobil yang kesulitan melintas tanjakan curam jalur Lingkar Gentong tersebut. Sejumlah sepeda motor khususnya matik kecil tampak mengeluarkan asap pada bagian ban belakang karena tidak kuat menanjak.

Penumpang motor matik tersebut harus turun dan membantu mendorong motor agar bisa melaju di tanjakan ekstrim yang menghubungkan wilayah Kota Tasikmalaya dengan Kabupaten Tasikmalaya, Garut dan Kabupaten Bandung.

Sejumlah sukarelawan tim ganjal ban yang bertugas di jalur Lingkar Gentong. Mereka merupakan warga sekitar dan saat ini jumlahnya masih kurang dari sepuluh orang.

Meskipun demikian pihak kepolisian dari Polres Tasikmalaya Kota tampak berada di lokasi mengatur pengendara mobil dan sepeda motor yang tancap gas untuk menghindari kendaraan nya mundur saat menanjak ekstrim di jalur Lingkar Gentong.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4258 seconds (0.1#10.140)