Hari Lebaran Kedua, Pelabuhan Eksekutif Merak Sepi Pemudik

Minggu, 23 April 2023 - 11:24 WIB
loading...
Hari Lebaran Kedua, Pelabuhan Eksekutif Merak Sepi Pemudik
Memasuki Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah dihari kedua, pelabuhan eksekutif Merak terlihat lenggang dan sepi dari pemudik hendak meninggalkan Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Foto SINOnews
A A A
JAKARTA - Memasuki Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah dihari kedua, pelabuhan eksekutif Merak terlihat lenggang dan sepi dari pemudik hendak meninggalkan Pulau Jawa ke Pulau Sumatera. Sehingga tidak terjadi kepadatan apapun di area pelabuhan eksekutif Merak.



Pantauan Tim MNC Portal Indonesia (MPI) dilokasi, sekitar Pukul 09.00 WIB nampak lenggang di dermaga terminal 5 dan 4. Diketahui tidak banyak antrian kendaraan roda empat mengantri memasuki kapal Ferry.

Sedangkan terminal 3 hingga terminal eksekutif, terlihat sedikit kendaraan mengantri memasuki kapal Ferry. Untuk meninggalkan pulau Jawa ke Pulau Sumatera dalam menjalani hari raya idul fitri 1444 hijriah.

Untuk kendaraan roda empat bakal, rata-rata diketahui mobil berplat B namun sesekali terlihat plat berasal dari Jawa Barat maupun Jawa Tengah. Meski adanya kepadatan, tidak sama seperti pada hari-hari sebelumnya. Sebab sebagian memilih melakukan perjalanan mudik sebelum hari raya lebaran.

Tak berhenti sampai disitu, untuk ruang tunggu di pelabuhan eksekutif Merak, sejauh ini tidak terjadinya pemudik menunggu kedatangan kapal tumpangannya.

Untuk diketahui, puncak arus balik bakal terjadi dua gelombang yakni pertama pada 24 hingga 25 April mendatang. Sedangkan untuk gelombang kedua terjadi pada 30 April dan 1 Mei mendatang.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Selasa (25/4/2023) lalu. Sehingga untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan disejumlah titik, ia menghimbau masyarakat untuk kembali ke perantauan ditanggal-tanggal dinilai rawan.

"Kami menganalisa, hari-hari itu puncak mudik itu terjadi hari Senin, Selasa atau Minggu, Senin. Jadi, kalau mau mudik itu jangan di dua ini (prediksi arus balik)," kata Budi kepada wartawan Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023).

Disamping itu, untuk perjalanan luar pulau Jawa, Hutama Karya membuat kebijakan untuk diskon 20 persen untuk tarif Tol Trans-Sumatera selama 26-28 April 2023 agar masyarakat terdorong untuk pulang mudik setelah puncak arus balik Lebaran 2023.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)