Ratusan Desa di 16 Kota se-Indonesia Tuntas Gelar Kegiatan Ramadan

Jum'at, 21 April 2023 - 20:11 WIB
loading...
Ratusan Desa di 16 Kota se-Indonesia Tuntas Gelar Kegiatan Ramadan
Salah satu kegiatan Ramadan yang diadakan di 16 kota kabupaten di Indonesia.Foto/ist
A A A
PANGKALAN BUN - Kegiatan Ramadan yang digelar di 16 kabupaten/ kota di lebih dari 200 desa tuntas dilaksanakan. Setelah kegiatan ini setiap desa dipastikan akan lebih indah dengan gapura desa dengan warna baru, lampu penerang jalan yang keren dan fasilitas desa yang semakin lengkap.

Karang Taruna (Kartar) di desa dan komunitas yang menggelar kegiatan ini mulai dari wilayah Jawa, luar Jawa hingga ke Pangkalan Bun. Di Jawa Timur terdiri dari Tuban, Bojonegoro, Jombang, Kediri, Madiun, Magetan, Ngawi. Kemudian Ponorogo, Probolinggo, Pasuruan, Kediri, Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso, hingga Banyuwangi.

Kegiatan bertajuk Ramadan Heppiii mulai digelar awal bulan puasa dan berakhir jelang beberapa hari menuju Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Warga di setiap desa yang mengikuti kegiatan ini bergotong royong mewujudkan kebutuhan desa dengan cara menabung jauh hari sebelumnya.

"Sesuai dengan tema kegiatan Ramadan Heppiii yakni bersama melakukan kebaikan, setiap desa sudah mulai mewujudkan keinginan mereka seperti menambah lampu penerangan jalan, memperbaiki tempat ibadah, termasuk menambah fasilitas di dalamnya seperti alquran, speaker, karpet, dan lain-lain," jelas Koordinator kegiatan Ramadan Heppiii dan Bukber Heppiii Ronald Theo Lesmana, Jumat (22/4/2023).

Baca juga: Hiburan Musik Tradisional Meriahkan Ngabuburit Ramadan di Bojonegoro

Ada juga desa yang memasang kamera CCTV, kemudian memperbaiki pos ronda, gapura, termasuk dengan berbagi paket sembako kepada anak yatim dan dhuafa. Warga desa yang tergabung dalam Heppiii Community juga membagi-bagikan ribuan paket takjil di tiap desa.

Semua fasilitas yang diperbaiki saat ini sudah banyak yang rampung. Namun sebagian masih dalam proses penyelesaian. "Kami ucapkan terima kasih kepada karta Heppiii Community yang sudah menggelar Ramadan Heppiii dan Bukber Heppiii ataupun Ngabuburit Heppiii. Mudah-mudahan kegiatan ini memberikan manfaat untuk semua," jelasnya.

"Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun, dan bertepatan dengan bulan puasa. Sampai bertemu lagi dengan kegiatan tahun berikutnya, semoga manfaat yang diberikan bisa semakin besar dan lebih luas lagi," pungkasnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)