Ribuan Jemaah Salat Id di Gumuk Pasir Parangkusumo, Jadi Obat Rindu Para Pemudik

Jum'at, 21 April 2023 - 10:19 WIB
loading...
Ribuan Jemaah Salat Id di Gumuk Pasir Parangkusumo, Jadi Obat Rindu Para Pemudik
Ribuan jemaah Muhammadiyah salat id di gumuk pasir Parangkusumo, Bantul.
A A A
BANTUL - Ribuan warga melakukan salat Idul Fitri di kawasan Gumuk Pasir, Parangkusumo, Kapanewon Kretek, Bantul, Jumat (21/04/2023). Momen tersebut menjadi obat rindu bagi para pemudik setelah tak bertemu keluarga dan kerabat dekat.

Pantauan di lapangan, warga mulai berdatangan sejak pukul 05.30 WIB. Mereka lalu menggelar sajadah yang sudah diatur oleh panitia. Suara takbir terus berkumandang dari pengeras suara.

Seperti dirasakan Diah Pamilasari, pemudik asal Kota Bekasi, Jawa Barat. Salat Id di Gumuk Pasir menjadi hal yang ditunggu-tunggu bersama keluarga.

"Setiap tahun pasti pulang, cuma sempat pas pandemi nggak shalat Ied di sini (Gumuk Pasir," katanya.

Baca juga: Ribuan Jemaah Muhammadiyah Cimahi Salat Id di Lapangan Rajawali

Menurutnya, salat di Gumuk Pasir menjadi hal yang unik dan beda. Pasalnya, salat dilaksanakan di hamparan pasir luas. Diah pun sempat berfoto-foto bersama keluarganya setelah selesai shalat Ied.

Pimpinan Muhammadiyah Ranting Kretek, Isyudi mengatakan di tahun ini warga cukup antusias mengikuti.

"Total ada 5.354 jamaah yang ikut serta. Untuk antusiasme warga cukup tinggi. Kalau secara khusus di Gumuk Pasir hanya untuk warga Parangtritis saja, tetapi yang datang tidak sedikit dari luar daerah karena memang penasaran, apalagi sekarang tidak ada pembatasan kegiatan," ujarnya.

Atas terselenggaranya salat id ini, dirinya merasa bersyukur bisa kembali melaksanakan momen bahagia yang hanya datang setahun sekali
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4259 seconds (0.1#10.140)