Ribuan Jemaah Muhammadiyah Cimahi Salat Id di Lapangan Rajawali

Jum'at, 21 April 2023 - 08:27 WIB
loading...
Ribuan Jemaah Muhammadiyah Cimahi Salat Id di Lapangan Rajawali
Ribuan jemaah Muhammadiyah salat id di Lapangan Rajawali, Cimahi.
A A A
CIMAHI - Ribuan jamaah Muhammadiyah di Kota Cimahi sejak pagi berbondong-bondong memadati Lapang Rajawali di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat (21/4/2023).

Jamaah dari berbagai wilayah di Kota Cimahi tersebut datang untuk melaksanakan Salat Idul Fitri 1444 H/2023 yang untuk tingkat Kota Cimahi dipusatkan di Lapang Rajawali. Kegiatan Salat Idul Fitri ini dipimpin oleh imam sekaligus khatib Iwan Kurniawan.

Ketua Umum PD Muhammadiyah Kota Cimahi, Mochammad Abu Darin mengaku bersyukur pelaksanaan Salat Idul Fitri di Lapang Rajawali berjalan lancar. Pihaknya memfasilitasi umat muslim Muhammadiyah untuk Salat Idul Fitri di tempat ini karena beberapa alternatif yang ditawarkan seperti di Lapang Tembak KONI Jabar dan Pemkot Cimahi dikhawatirkan tidak dapat menampung semua jamaah.

"Kami memutuskan Salat Idul Fitri di sini (Rajawali) karena kalau di Lapang Tembak di sana ada pasar tumpah, lalu di Stadion Sangkuriang sedang direnovasi. Jadi pada prinsipnya semua mengizinkan termasuk di Pemkot Cimahi," ucapnya kepada wartawan usai Salat Idul Fitri.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 di Jalur Selatan Diprediksi Sudah Berakhir

Menurutnya jamaah Salat Idul Fitri yang hadir di Lapang Rajawali mencapai sekitar sembilan ribu jamaah. Mereka berasal dari beberapa wilayah di Kota Cimahi, meskipun untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri hari ini digelar di beberapa lokasi. Seperti di Asih Putra, di wilayah Cipageran, Tanimulya, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat.

Terkait perbedaan waktu pelaksanaan Salat Idul Fitri dengan pemerintah, pihaknya tidak mempersoalkan hal tersebut. Sebab pemerintah saat ini menyesuaikan bersama negara Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura, meningkatkan drajatnya menjadi tiga derajat. Sementara Muhammadiyah berapapun derajatnya asalkan sudah muncul bulan, maka masuk 1 Syawal.

"Prinsipnya kami saling menghormati dan menghargai. Semoga umat Islam tidak terpecah, Indonesia tidak ada gesekan-gesekan, karena umat islam itu sama, nabinya satu, Allahnya juha satu," sebutnya.

Sementara salah seorang jamaah Salat Idul Fitri asal Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Joko (53) mengaku bahagia bisa merayakan lebaran dan Salat Idul Fitri di Lapang Rajawali. Ini adalah kali pertama dirinya melaksanakan Salat Idul Fitri bersama keluarganya di Lapang Rajawali.

"Alhamdulilah bisa melaksanakan Salat Idul Fitri di sini, kebetulan kan untuk Kota Cimahi dipusatkan di Lapang Rajawali. Meskipun ada perbedaan hari dengan pemerintah, tapi tidak mengurangi esensi dari Idul Fitri ini," ucapnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)