Misteri Harta Karun Candi Abang yang Ditunggu Sosok Gaib

Jum'at, 21 April 2023 - 05:32 WIB
loading...
Misteri Harta Karun Candi Abang yang Ditunggu Sosok Gaib
Penampakan Candi Abang yang konon memendam harta karun yang dijaga sosok gaib, di atas perbukitan tepat di Sentonorejo, Jogotirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Foto: Dok/Okezone
A A A
Candi Abang terlihat alami dengan tegak berdiri pepohonan hutan jati di sekitarnya. Hijau rumput luas menjulang tinggi, seperti bukit Teletubbies dalam cerita film anak-anak.

Kalau musim hujan terlihat hijau hutan sekitar, dan ketika kemarau datang, terlihat gersang karena pohon-pohon jati meranggas daunnya jatuh.

Keindahan Candi Abang justru terlihat jika pagi saat matahari terbit dan sore saat matahari terbenam. Candi ini tidak semegah Candi Borobudur atau Brambanan Candi namun cukup eksotis karena berada di atas perbukitan tepat di Sentonorejo, Jogotirto, Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Namun di balik keindahan Candi Abang tersimpan cerita mistis. Candi itu merupakan tempat penyimpanan harta karun berupa emas sebesar anak kerbau. Konon harta itu dijaga sosok goib bernama Kiai Jagal.



Belum diketahui secara jelas fungsi dari candi yang diprediksi dibuat pada abad 9 dan 10 pada zaman Kerajaan Mataram Kuno. Nama Candi Abang karena dibuat dengan batu bata merah. Merah dalam bahasa Jawa berarti Abang.

Konon, menurut warga sekitar bernama Kelik, Candi Abang digunakan warga setempat sebagai pelindung dari serangan penjajahan Jepang. Masyarakat percaya jika berlindung di candi itu akan dilindungi oleh Kiai Jagal.



Menurut warga sekitar, Kiai Jagal merupakan sosok gaib yang dihormati dan merupakan penunggu setia yang menunggu candi. Kiai Jagal digambarkan memiliki badan besar dan berambut panjang. Dia merupakan pelindung dari segala kerusakan.

Mitos tentang Candi Abang yang dijaga sosok gaib pun dipercaya hingga saat ini. Sosok goib itu juga menjaga sekeliling candi yang terbuat dari batu bata merah. Bahkan, jika seseorang mengambil batu bata, sang pencuri bisa menjadi gila jika sampai rumah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2609 seconds (0.1#10.140)