Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 di Jalur Selatan Diprediksi Sudah Berakhir

Jum'at, 21 April 2023 - 04:36 WIB
loading...
Puncak Arus Mudik Lebaran 2023 di Jalur Selatan Diprediksi Sudah Berakhir
Kendaraan dari Kota Bandung maupun Sumedang dan pintu Tol Cileunyi tampak melintas dengan kecepatan cukup tinggi di kawasan Simpang Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (20/4/2023) malam.
A A A
BANDUNG - Polda Jawa Barat memprediksi, arus mudik di jalur selatan Jabar sudah berakhir seiring dengan mulai berkurangnya jumlah kendaraan yang melintas di jalur tersebut.

Dari pantauan di lapangan hingga Kamis (20/4/2023) pukul 20.00 WIB, arus kendaraan masih tampak ramai lancar. Ribuan kendaraan, baik dari arah Kota Bandung, Sumedang, maupun dari pintu Tol Cileunyi tampak melintas mengarah ke Nagreg dengan kecepatan cukup tinggi.

Para pemudik, baik yang menggunakan kendaraan roda empat maupun dua terpantau dapat memacu kendaraanya tanpa hambatan berarti. Di lain sisi, banyak juga pengendara motor beristirahat di pinggir jalan setelah menempuh perjalanan panjang.

Baca juga: Polda Jabar Ungkap Penyebab Kemacetan Arus Mudik Lebaran 2023

Jalur selatan sendiri dikenal sebagai jalur utama perlintasan mudik, khususnya bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Arus kendaraan akan terpecah di kawasan Nagreg dimana terdapat persimpangan yang mengarah ke Garut dan Limbangan.

Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Bariza Sulfi mengatakan, arus kendaraan yang melintasi kawasan Nagreg dan Limbangan pada hari ini lebih sedikit dibandingkan hari-hari sebelumnya. Bahkan, kemacetan pun sudah jarang terjadi di kawasan tersebut.

"Seperti kita ketahui, tadi ada kunjungan dari Bapak Waka Polri di Pos Pam Limbangan kemudian Bapak Dirlantas dan Kapolres Garut juga menyampaikan, bahwa arus lalu lintas hari ini lebih sedikit dari pada yang kemarin," ujar Bariza di Cikaledong, Kabupaten Bandung, Kamis (20/4/2023).

Meski puncak arus mudik Lebaran 2023 diprediksi telah berakhir, namun pihaknya masih tetap melakukan pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya kembali lonjakan arus kendaraan.

"Mudah-mudahan sudah karena hari ini juga ada sidang Isbat, mungkin mereka kemarin berangkat duluan untuk persiapan itu, mana kala besok Lebaran," ungkapnya.

Di sisi lain, meski arus kendaraan di jalur selatan telah berkurang, namun kondisi tersebut berbeda dengan jalur utara Jabar dimana saat ini telah terjadi peningkatan arus kendaraan mudik Lebaran di wilayah tersebut.

"Untuk hari ini utara juga meningkat, namun kecepatan tetap terjaga di 50 km sampai 70 km per jam," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)