Ridwan Kamil Prediksi Puncak Arus Mudik di Jabar Dimulai Besok

Selasa, 18 April 2023 - 15:02 WIB
loading...
Ridwan Kamil Prediksi Puncak Arus Mudik di Jabar Dimulai Besok
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat melepas mudik gratis di Kantor Bapenda Jabar, Selasa (18/4/2023).
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memprediksi, puncak arus mudik Lebaran 2023 akan terjadi pada Rabu (19/4/2023) besok.

Ridwan Kamil mengatakan, saat ini, peningkatan volume kendaraan mudik sudah mulai meningkat.

"Puncak arus mudik kemungkinan besok, hari ini mulai meningkat pesat prediksi di hari Rabu besok di hari libur," ucap Ridwan Kamil seusai melepas mudik gratis di Kantor Bapenda Jabar, Selasa (18/4/2023).

Ridwan Kamil memastikan, pihaknya telah menyiapkan berbagai strategi untuk membuat nyaman para pemudik, mulai dari pemantapan akses jalan hingga infrastruktur lain yang mendukung keamanan para pemudik.

"Pertama kita sudah siaga satu 300 pos penjagaan disiapkan, kesehatan keamanan, dan tol tembus Bocimi Sampai Cibadak, Cisumdawu sampai Kertajati Cirebon kemudian Cipali ada dua rest area baru di kilometer 88 dan 160," paparnya.

Baca juga: Momen Ridwan Kamil Menghibur Warga di Bus saat Lepas Mudik Gratis

Selain itu, Pemprov Jabar juga telah menyediakan mudik gratis untuk masyarakat. Sebanyak 6.500 tiket bus dan 5.954 tiket kereta api telah disiapkan dan mudik gratis telah dimulai sejak 15-18 April 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, A. Koswara mengatakan, moda trasportasi yang akan digunakan dalam program mudik gratis pada Lebaran 2023 ini yaitu bus dan kereta api (KA).

"Untuk tiket yang kita siapkan masing-masing sebanyak 6.500 tiket untuk bus dan 5.954 tiket untuk kereta api," ucap Koswara.

Koswara menjelaskan, bagi masyarakat Jabar yang akan mengikuti program mudik gratis dapat mengakses pendaftaran melaui website https://mudik-dishub.jabarprov.go.id untuk pendaftaran mudik dengan bus maupun kereta jarak jauh maupun regional antar kota/kabupaten.

Sedangkan untuk KA Lokal, pendaftaran melalui aplikasi KAI Access dan akan dibuka sesuai dengan ketentuan layanan reguler.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan mudik gratis ini agar perjalanan mudik dapat ditempuh dengan lebih aman," jelasnya.

"Masyarakat juga dapat merasakan mudik lebaran yang aman, nyaman dan tertib sesuai dengan tagline Muara Hati, yaitu Mudik Jabar Juara Sehat, Selamat, dan Tertib," tandas Koswara.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3073 seconds (0.1#10.140)