Besok, Polda Jateng Terapkan One Way Lokal dari Tol Kalikangkung hingga Bawen

Senin, 17 April 2023 - 16:18 WIB
loading...
Besok, Polda Jateng...
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Posko Terpadu GT Kalikangkung, Senin (17/4/2023).
A A A
SEMARANG - Polda Jateng menerapkan sistem one way lokal dari Tol Kalikangkung hingga Bawen. Kebijakan ini diambil dalam rangka mendukung one way nasional di jalan tol yang dimulai Selasa (18/4/2023) pukul 14.00 WIB.

“Kami siapkan dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Bawen untuk one way lokal,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi usai menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Posko Terpadu GT Kalikangkung, Senin 17 April 2023.

Penerapan sistem one way akan diawali dengan sterilisasi dua jam sebelumnya pada pukul 12.00 WIB. Kemudian pada pukul 14.00 WIB diberlakukan sistem one way mulai dari Gerbang Cikampek hingga Kalikangkung.

"Pengemban fungsi lalu lintas sudah dilatih kembali, cara bertindak dengan sterilisasi tiap dua jam saat diberlakukan one way kemudian mengeluarkan arus di daerah penyangga dari Krapyak Semarang sampai Brebes," ucap Kapolda.

Baca juga: H-6 Lebaran, Mobil Pelat B Mulai Padati Rest Area 379A

Sejumlah ruas jalur arteri disiapkan untuk menerima limpahan arus mudik dari ruas jalan tol. "Misal masih terjadi penumpukan di wilayah Kalikangkung, nanti diurai lewat gate Kaliwungu, Kaligawe, hingga sampai Batang atau kalau perlu tarik arusnya sampai Bawen," terangnya

Dari hasil pengamatan sejak pagi hari ini, arus mudik 2023 belum meningkat secara signifikan. Angka tertinggi arus mudik terjadi pada Minggu, 16 April 2023 yang mana menyentuh angka kenaikan 42 persen.

"Diprediksi peningkatan terjadi besok Selasa, (18/4). Namun, arus dimungkinkan dapat dikendalikan dengan penerapan one way nasional ditambah one way lokal," sebutnya.

Mengenai pemudik roda dua yang masuk ke wilayah Jateng, Kapolda menyebut pihaknya menyiapkan sejumlah cek poin di perbatasan. Dari titik cek poin tersebut para pemudik kemudian akan dikawal oleh petugas hingga ke daerah tujuan masing-masing.

Kapolda juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik agar memperhatikan kesiapan fisik kendaraan dan kebugaran pengemudi.

"Cek betul kondisi fisik kendaraan dan pastikan pengemudinya dalam kondisi fisik prima. Gunakan rest area sebagai tempat beristirahat seperlunya dan hindari beristirahat di bahu jalan tol," pungkas Kapolda.
(msd)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)