Jelang Lebaran, Tim Satgas Pangan Jatim Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman

Senin, 17 April 2023 - 13:52 WIB
loading...
Jelang Lebaran, Tim Satgas Pangan Jatim Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman
Satgas Pangan Jawa Timur menggelar sidak kebutuhan bahan pokok (bapok) di Pasar Tambahrejo Surabaya, Senin (17/4/2023)
A A A
SURABAYA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Jawa Timur (Jatim) menggelar inspeksi mendadak (sidak) kebutuhan bahan pokok (bapok) di Pasar Tambahrejo Surabaya, Senin (17/4/2023). Sidak ini digelar untuk memantau ketersediaan bapok di pasar rakyat menjelang Lebaran 2023.

Koordinator Wilayah (Korwil) Jatim II Satgas Pangan Kombes Pol Eko Sulistyo Basuki mengatakan, terdapat sejumlah bapok yang menjadi sasaran sidak. Seperti beras, minyak, gula, telur, cabai, bawang merah, bawang putih dan sebagainya. “Dari pantauan tadi, stok dalam kondisi aman dan harga stabil,” katanya.

Dia menambahkan, ada pergerakan harga pada sejumlah komoditi antara lain, daging ayam dan daging sapi namun secara umum harga tersebut masih dalam batas normal atau terkendali. “Kami akan terus memantau sampai dengan pelaksanaan Lebaran,” ujarnya.

Baca juga: Tegas! Gubernur Khofifah Larang ASN Pemprov Jatim Mudik Gunakan Mobil Dinas

Satgas Pangan Jatim, kata dia, yang berada di pusat maupun daerah akan terus mengantisipasi adanya spekulan-spekulan, sehingga lonjakan harga yang terjadi masih dalam kendali. Menurutnya, tren pergerakan harga menjelang perayaan lebaran kali ini cenderung berangsur turun. “Seperti cabe rawit yang saat ini dijual dengan harga Rp25.000 per kilogramnya,” katanya.

Lebih jauh Eko mengungkapkan, meski ada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga, konsumen yang datang ke pasar Tambahrejo Surabaya itu tidak ada yang mengeluh tentang harga. Saat ini, kata dia, harga-harga masih dalam kondisi normal dan dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Bulog sendiri juga melakukan pendistribusian ke seluruh wilayah. Sehingga diharapkan masyarakat bisa memperoleh bapok dengan harga yang terjangkau,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh sejumlah tim Satgas Pangan Jatim seperti Satgas Pangan Polda Jatim, dan sejumlah perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim, Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Jatim, Dinas Peternakan Jatim, Dinas Perkebunan Jatim, Bulog Jatim, KPPU Jatim, dan Kepala Pasar Tambahrejo Surabaya.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (Siskaperbapo) Jatim, per Senin (17/4/2023), harga beras premium sebesar Rp12.578 per kg atau naik dari Minggu (16/4/2023) yang sebesar Rp12.563 per kg. Harga beras medium juga naik dari Minggu (16/4/2023) Rp10.377 per kg menjadi Rp10.391 per kg. Harga telur ayam ras turun dari Rp26.467 per kg menjadi Rp26.301 per kg. Harga minyak goreng Minyakita naik dari Rp14.731 per liter menjadi Rp14.755 per liter.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)