Rest Area di KM 81 Tol Cipali Purwakarta Mulai Dibuka Besok

Minggu, 16 April 2023 - 19:07 WIB
loading...
Rest Area di KM 81 Tol...
Proyek pembangunan rest area di KM 81 Tol Cipali kini rampung dan siap digunakan pada musim mudik lebaran 2023. Rencananya rest area itu akan dibuka hari ini, Senin (17/4/2023). Foto: MPI/Didin Jalaluddin
A A A
PURWAKARTA - Rest area KM 81 di Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai dibuka Senin (17/4/2023) besok. Rest area baru yang berada di wilayah Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta itu siap memfasilitasi pemudik untuk beristirahat.

"Rest area baru ini bisa menampung hingga 250 kendaraan. Tetapi untuk sementara ini kendaraan besar seperti bus dan lainnya belum diperbolehkan masuki area rest area ini. Hanya kendaraan kecil yang diperbolehkan,"ujar Kepala Kontruksi Pengerjaan Rest Area KM 81, Buyung, saat ditemui wartawan, Minggu (16/4/2023).



Pengerjaan kontruksi rest area KM 81 Tol Cipali hampir rampung. Pengerjaan tinggal menambahkan sejumlah fasilitas seperti kelistrikan, pencahayaan dan fasilitias umum seperti toilet, mushola dan klinik yang bersifat non permanen. Meskipun dalam betuk sementara dengan menggunakan matrial kontener, namun dipastikan aman digunakan dan dapat memfasil kebutuhan pemudik.

"Sesuai perintah dari kementerian PUPR bahwa Senin (17/4/2023) besok sudah bisa dioperasikan,"ujar Buyung.



Diketahui, rest area KM 81 Tol Cipali ini merupakan rest area bayangan yang bersifat fungsional untuk mendukung momen mudik Lebaran 2023. Secara keselurhan pembangunan rest area ini memang belum rampung 100 pesen, tetapi diintruksikan untuk dimamfaatkan untuk pemudik pada lebaran tahun ini.

Nantinya, rest area ini akan dilanjutkan pembangunannya setelah momen mudik Lebaran 2023 berakhir. Sejumlah fasilitas seperti SPBU, toilet, tempat ibadah serta tempat makan dan minum akan dibangun secara permanen.



Luas rest area 81 dibangun di lahan seluas 20 hektare. Namun untuk arus mudik lebaran 2023 ini baru dibangun seluas satu hektare. Sedangkan rest area km 81 ini selain di jalur A, juga dibangun di jalur b, di jalur arah sebaliknya untuk arus balik.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain, mengatakan keberadaan rest area KM 81 akan sangat membantu kepolisian dalam mengurai kepadatan arus mudik di Tol Cipali. Rest area ini menjadi titik keramaian kendaraan karena merupakan rest area pertama dari Jakarta menuju Jawa Tengah. Untuk itu persiapan selain fasilitas umum juga persiapan pengamanan serta pengaturan di lokasi.

"Rest area ini bisa mengurai kemacetan arus mudik lebaran di Tol Cipali, yakni, kendaraan pemudik diarahkan masuk ke kantong parkir di rest area ini," ujar AKBP Edwar.
(nic)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2423 seconds (0.1#10.140)