Kisah Bagus Alief Kurniawan, Anak Kuli Bangunan Jadi Prajurit TNI AD

Sabtu, 15 April 2023 - 05:36 WIB
loading...
A A A
Bagus Alief Kurniawan adalah bagian dari 268 siswa calon tamtama pada Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gelombang II Tahun 2023 di Rindam V/Brawijaya. Lima bulan lamanya mereka dididik dan dilatih hinga kemudkian dilantik menjadi prajurit TNI AD. Prosesi penutupan pendidikannya ditandai dengan penyematan tanda pangkat oleh Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf, M.A.

Pangdam V/Brawijaya berharap para prajurit remaja ini bisa membanggakan keluarga, lingkungannya dan nusa bangsanya. Ia juga mengapresiasi kegigihan dan keuletan Bagus Alief Kurniawan yang meski berkali-kali tak lulus tetap berusaha hingga usahanya membuahkan hasil. Ini juga membuktikan bahwa sesiapapun dapat menjadi prajurit TNI Angkatan Darat, tanpa harus menyogok atau meminta dukungan seseorang yang punya jabatan.

“Perlu dipahami bahwa sebagai prajurit kalian berperan penting dalam mendukung tugas satuan. Kalian harus memiliki rasa bangga menjadi bagian dari TNI Angkatan Darat, dengan merubah sikap, pola pikir, dan pola tindak sehari-hari. Itu agar menjadi prajurit yang bisa dibanggakan, baik di tengah keluarga, di masyarakat, dan bagi TNI Angkatan dan maupun bagi Negara Kesatuan Republik Indoensia,” tekan jenderal bintang dua peraih gelar magister Security Study di University of Hull, Inggris pada 1998 ini.

Ia juga menandaskan agar ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan selama mengikuti Pendidikan di Secata Rindam V/Brawijaya dapat dijadikan sebagai bekal selanjutnya dalam menempuh pendidikan kejuruan sesuai dengan kecabangan masing-masing.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4884 seconds (0.1#10.140)