Jalan Provinsi di Cimeong Majalengka Makin Sempit, Warga Terapkan Sistem Buka-Tutup

Jum'at, 14 April 2023 - 13:26 WIB
loading...
Jalan Provinsi di Cimeong Majalengka Makin Sempit, Warga Terapkan Sistem Buka-Tutup
Kondisi jalan provinsi di Desa Cimeong, Kecamatan Banjaran yang mengalami terkikis di bagian bahu jalan. Foto/MPI/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Jalan provinsi dari Maja-Cikijing, Kabupaten Majalengka dan sebaliknya semakin sempit. Akibatnya, akses jalan terganggu lantaran salah satu titik di ruas, tepatnya di Desa Cimeong, Kecamatan Banjaran terkikis. Kondisi itu sudah terjadi beberapa kali dalam satu tahun terakhir ini.

Akibat kondisi itu, sejumlah pengendara dari dua arah harus rela bergantian untuk melintas titik tersebut. Titik jalan yang terkikis berada di lajur Talaga-Maja, dengan panjang lebih dari 50 meter.

Terkikisnya bahu jalan tersebut disinyalir dampak dari hujan yang yang masih terus mengguyur sejumlah daerah di Kabupaten Majalengka.

"Mulai terkikis lagi kemarin sore. Pas kejadian mah, cuaca lagi terang (cerah), nggak hujan," kata salah satu warga setempat Oyoh.

Sebagai dampak dari kondisi tersebut, sejumlah warga berinsiatif untuk mengatur lalu lintas dengan sistem tutup buka. Hal itu untuk mencegah terjadinya kikisan baru di lokasi tersebut.

"Kalau ada kendaraan besar mah (tanah) suka turun lagi. Kami sengaja ngatur kendaraan, biar bergantian," jelas dia.
Sementara, di lokasi, akibat bahu jalan terkikis, badan jalan yang berstatus jalan provinsi itu semakin menyempit. Saat ini, terlihat alat berat melakukan pekerjaan di lokasi terkikisnya bahu jalan tersebut.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)