Jelang Idulfitri, Pemprov Kalteng Gencar Gelar Pasar Penyeimbang

Kamis, 13 April 2023 - 21:24 WIB
loading...
Jelang Idulfitri, Pemprov Kalteng Gencar Gelar Pasar Penyeimbang
Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat memberi sambutan pembukaan pasar penyeimbang di Mendawai, Kamis (13/4/2023).
A A A
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah fokus mengendalikan inflasi daerah. Penyelenggaraan pasar penyeimbang yang rutin dilaksanakan setiap minggu merupakan upaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat dan menekan laju inflasi, terlebih menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H.

Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Ivo Sugianto Sabran bersama jajaran Pemprov dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Prov. Kalteng mengunjungi pasar penyeimbang yang diselenggarakan oleh Pemprov Kalteng di Kabupaten Kotawaringin Barat. Pasar penyeimbang tersebut tersebar di 7 titik lokasi yakni Masjid Nurul Syajaroh Pasar Korindo Kelurahan Mendawai, Aula Kelurahan Mendawai Seberang, Balai Desa Raja Seberang, Kantor Kelurahan Baru, Masjid Simpang Kubu, Kantor Kelurahan Kumai Hilir dan Masjid Darul Husta Kumai Hulu.

Penyelenggaraan pasar penyeimbang di Kabupaten Kotawaringin Barat merupakan rangkaian awal kunjungan kerja di wilayah barat, yang selanjutnya meninjau pasar penyeimbang di Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Seruyan dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Menjelang hari Lebaran, harga beberapa bahan pokok cenderung melonjak naik. Maka dari itu, Bapak Gubernur beserta jajaran hadir untuk menyelenggarakan pasar penyeimbang supaya bapak/ibu bisa membeli bahan pokok dengan harga terjangkau dan murah”, ucap Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan pasar penyeimbang di Masjid Nurul Syajaroh Pasar Korindo Kelurahan Mendawai, Kamis (13/4/2023).

Ivo mengatakan per paket bahan pokok yang dijual pada pasar penyeimbang yang digelar saat ini hanya sebesar Rp20 ribu saja.

“Bapak Gubernur mensubsidi paket bahan pokok tersebut sebesar 130 ribu rupiah, sehingga Bapak/Ibu sekalian hanya membayar sebesar 20 ribu rupiah saja. Mudah-mudahan ini bisa membantu Bapak/Ibu sekalian untuk tetap bisa membeli bahan pokok menjelang Hari Raya”, imbuhnya.

Sebagai informasi, Pemprov Kalteng menyediakan 6.000 paket sembako tersebar di tujuh titik lokasi di Kabupaten Kotawaringin Barat. Paket tersebut berisikan beras 5 kilogram, gula 2 kilogram, minyak 2 liter dan susu kaleng 1 buah, dengan nilai per paket 150 ribu rupiah.

Pada kesempatan tersebut, Ivo Sugianto Sabran menyambangi masyarakat sekaligus berkeliling pasar untuk memantau harga sembako yang dijual dan berdialog dengan para pembeli.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Prov. Kalteng Aster Bonawaty menyampaikan pasar penyeimbang di Pangkalan Bun digelar untuk menanggulangi inflasi yang rutin dilaksanakan setiap minggu. Pasar penyeimbang ini merupakan bentuk perhatian dari Pemprov Kalteng untuk masyarakat, selain untuk pengendalian inflasi juga untuk meningkatkan daya beli masyarakat menjelang Idulfitri khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah atau kurang mampu agar saat melaksanakan Hari Raya tidak mengalami kesusahan.

Pelaksanaan pasar penyeimbang ini bekerjasama dengan stakeholders dari Instansi di Pemprov Kalteng. Dinas Ketahanan Pangan menyediakan beras bersubsidi serta komoditas lainnya seperti bawang merah, bawang putih dan gula, Dinas Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyediakan Gas LPG 3 kg bersubsidi dan Dinas Kesehatan melayani pemeriksaan kesehatan gratis serta pihak terkait lainnya.

Pengobatan massal gratis dan penyediaan Gas LPG bersubsidi dibuka bersamaan dengan pasar murah atau pasar penyeimbang.

Turut hadir Staf Ahli Gubernur, Asisten Setda Prov. Kalteng, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, para tamu undangan serta masyarakat setempat.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1138 seconds (0.1#10.140)